Senin, 29/04/2024 11:08 WIB

Talkshow Bersama Nudie Jeans, Komitmen Melindungi Lingkungan

Merek denim dari Swedia ini buktikan komitmennya terhadap perlindungan dan keberlanjutan lingkungan.

Chitra Subyakto bersama pihak Nudie Jenas. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Nudie Jeans, merek denim dari Swedia, membuktikan komitmennya terhadap perlindungan dan keberlanjutan lingkungan. Kali ini, masih dalam peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April lalu, mengadakan talkshow inspiratif bertema “Conscious Conversation for Sustainable Futures” yang diadakan bersama dengan IdeaFriends yaitu komunitas IdeaFest, yang rutin membahas mengenai perkembangan dan tantangan terbaru di bidang industri kreatif.

Talkshow ini menghadirkan Chief Sustainability Officer Nudie Jeans, Sandya Lang, CEO Liberty Society - Tamara Gondo, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang - Chitra Subyakto sebagai narasumber. Dalam kesempatan ini, Nudie Jeans juga menyampaikan program donasi pada periode 17 Maret – 23 April 2023 yang penggunaan donasinya diserahkan ke Liberty Society.Penyerahan donasi dilakukan di akhir acara talkshow.

Talkshow “Conscious Conversation for Sustainable Futures” membahas pentingnya upaya keberlanjutan bagi bisnis, khususnya industri kreatif, yang dilakukan sejalan dengan konsep dan nilai-nilai yang diyakini oleh masing-masing brand. Talkshow inspiratif ini dihadiri oleh para IdeaFriends dimana para anggotanya dapat berkumpul, bertukar ide dan saling belajar dari satu dan lainnya dalam situasi yang suportif dan kolaboratif.

“Talkshow ini sangat penting bagi industri kreatif. Di forum itu, Nudie Jeans membagikan langkah-langkah penting dalam hal keberlanjutan yang telah dilakukan oleh Nudie Jeans untuk membuat dunia menjadi lebih baik. We still make jeans. It’s our passion. But we made the choice to manufacture our product in a fair and ethical way. An opportunity every company is given, but too few take,” kata Chief Sustainability Officer Nudie Jeans, Sandya Lang, baru-baru ini.

Sejak 2012, seluruh denim Nudie Jeans dibuat dari 100% kapas organik. Nudie Jeans juga menjalankan konsep Wear, Tear and Repair, dimana setiap helai Nudie Jeans yang sudah usang selalu dapat diperbaiki secara gratis di Nudie Jeans Repair Shop dimanapun di seluruh dunia, sehingga dapat terus digunakan.

“Our jeans are not designed to be used a few times and then thrown away. Setiap helai denim merupakan perwujudan dari upaya kami menjaga lingkungan. Kami hanya menggunakan 100% kapas organik yang berasal dari perkebunan organik yang tersetifikasi. Ini langkah awal pembuatan Nudie Jeans. Selain itu, kami juga berkomitmen pada fair trade yang memastikan petani mendapatkan upah yang baik, memiliki keterjaminan pendapatan dan pastinya memastikan pasokan kapas organik kami terjamin pasokannya,” jelas Sandy Lang.

“Inilah konsep keberlanjutan yang ingin kami sampaikan secara terus-menerus, dimana para pengguna tetap bisa terlihat stylist tapi juga tetap membantu melindungi lingkungan. Sejalan dengan itu, kami mendonasikan hasil penjualan setiap denim pada periode 17 Maret – 23 April 2023 ke Liberty Society untuk menyediakan kelas pelatihan mulai dari menyablon hingga kelas menjahit hingga kelas kesehatan mental dan manajemen keuangan untuk perempuan yang terdampak kekerasan,” sambungnya.

Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto mengatakan, diriya sangat senang dan menyambut baik acara tersebut karena sangat penting bagi semua pihak untuk memiliki pemahaman mengenai isu keberlanjutan.

“Secara pribadi, saya juga bisa belajar banyak dari teman-teman di dunia usaha yang telah melakukan berbagai inisiasi dan mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari untuk mendukung keberlanjutan. Hal ini sejalan dengan semangat yang Sejauh Mata Memandang usung, yakni dengan berusaha menjadi jenama yang lebih bertanggung jawab dan belajar menjadi bagian dari solusi,” kata Chitra Subyakto.

“Liberty Society bangga bisa berada dalam forum yang inspiratif ini. Kami senantiasa berpartisipasi dalam aktivitas yang mendukung beberapa point dalam Sustainable Development Goals, yaitu zero hunger, gender equality, decent work and economic growth. Melalui produk yang kami hasilkan, kami membantu brand/perusahaan untuk mendukung keberlanjutan baik ke manusia maupun ke lingkungan seperti menyediakan layanan upcyling, menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, mengurangi penggunaan plastik, dan memanfaatkan sisa bahan untuk pelatihan,” sambung CEO Liberty Society, Tamara Gondo.

Dalam Nudie Jeans Sustainability Report 2021, Nudie Jeans telah mencatat ada 42.500 helai jeans yang direparasi agar dapat digunakan kembali. Beberapa catatan penting lainnya dalam laporan ini antara lain, Nudie Jeans hanya menggunakan katun organik dan hanya bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki sertifikasi katun organik.

Nudie Jeans telah memetakan semua data emisi dan air dari rantai pasokan secara lengkap sesuai dengan Protokol Gas Rumah Kaca selama tiga tahun berturut-turut. Nudie Jeans juga telah menjalankan bisnis dengan emisi penuh sesuai dengan peraturan dari UN Carbon Offset Platform. Nudie Jeans melakukan monitoring hingga 98% terhadap rantai pasokan. Kantor pusat Nudie Jeans telah menerima sertifikasi ISO14001:2015 dalam hal perbaikan manajemen lingkungan.

KEYWORD :

Nudie Jenas Lingkungan Chitra Subyakto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :