Senin, 29/04/2024 20:42 WIB

BK DPR Ajak Masyarakat Partisipasi Susun Naskah Akademik

Pusat Perancang Undang-Undang (PUU) Badan Keahlian DPR RI mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif menyampaikan aspirasinya dalam proses penyusunan naskah akademik peraturan perundang-undangan.

Seminar Nasional Badan Keahlian DPR RI

Jakarta - Pusat Perancang Undang-Undang (PUU) Badan Keahlian DPR RI mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif menyampaikan aspirasinya dalam proses penyusunan naskah akademik peraturan perundang-undangan.

Kepala Pusat  PUU Inosentius Samsul mengatakan, guna menampung aspirasi masyarakat, BK DPR meluncurkan SIMAS PUU sebagai wadah masyarakat menyampaikan aspirasi. Dimana, SIMAS PUU adalah sistem yang dibangun guna mendorong partisipasi masyarakat.

"Ini sistem baru yang ingin dikembangkan dalam membangun model partisipasi masyarakat dalam penyusunan naskah akademik dan rancangan undang-undang," kata Inosentius, di Hotel Crown Plaza, Jakarta, Rabu (4/10).

Menurutnya, terdapat lima elemen penting dalam peningkatan sistem partisipasi masyarakat guna mewujudkan pembentukan undang-undang yang partisipatif, transparan, akuntabel, berintegrasi, efisien dan efektif.

Pertama, penyusunan database stakeholder yang meliputi data kepakaran, ketokohan, lembaga kemasyarakatan umum, atau yang terdaftar serta mitra strategis yang telah melakukan MOU dengan Badan Keahlian DPR RI. Kedua, Menginformasikan kepada publik rencana penyusunan Naskah Akademik dan draft RUU di Badan Keahlian DPR RI.

Ketiga, menyampaikan masukan masyarakat secara tersistematis dan terstruktur terhadap Naskah Akademik dan RUU yang sedang disiapkan. Keempat, pengolahan masukan masyarakat secara transparan, akuntabel, efisien serta berintegritas. Terakhir, adalah menyampaikan atau menginformasikan kepada masyarakat hasil dari pengolahan masukan serta tindak lanjutnya.

Melalui SIMAS PUU ini, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya melalui website http://pusatpuu.dpr.go.id/. Diharapkan melalui perkembangan teknologi ini dapat memudahkan masyarakat menyampaikan aspiraisnya kepada DPR RI.

KEYWORD :

Warta DPR Badan Keahlian DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :