Sabtu, 27/04/2024 22:07 WIB

Pria Ini Pernah Tiga Kali Berhasil Kabur Dari Korea Utara

Untuk menghindari kelaparan serta rezim represif banyak warga Korea Utara yang mempertaruhkan nyawanya untuk berusaha melarikan diri dari negara tersebut

Kim Pil Ju (Foto: Koreaboo)

Jakarta- Untuk menghindari kelaparan serta rezim represif, banyak warga Korea Utara yang mempertaruhkan nyawanya untuk berusaha melarikan diri dari negara tersebut.

Berhasil keluar dari Korut adalah suatu prestasi yang luar biasa mengesankan, dan pria ini pernah berhasil melarikan diri dari negaranya itu sebanyak tiga kali.

Koreaboo melansir, pria yang diketahui bernama Kim Pil Ju, baru-baru ini menceritakan kisah hidupnya, yang dipenuhi dengan kejadian dramatis, dan pada akhrinya menuntunnya menemukan rumah di negara tetangga Korea Selatan.

Ketika masih kecil, karena sang ibu tidak mampu merawatnya ia diserahkan ke panti asuhan. Kisahnya di panti asuhan itupun cukup memilukan, anak-anak di panti itu hanya memperoleh jatah makan satu kali dalam satu hari.

Jadi anak-anak seringnya mencari cara lain agar mendapatkan makanan lebih. Ketika usianya menginjak 12 tahun, dia secara langsung menyaksikan kematian temannya akibat kelaparan.

Tidak beberapa lama ibu Pil kembali menikah, dan ia dapat kembali tinggal bersama sang ibu di rumah ayah tirinya yang baru. Namun, sang ayah ternyata gemar memukuli pil dan ibunya, karena itulah keduanya memutuskan untuk melarikan diri ke China.

Dengan mengendarai kapal nelayan, mereka berhasil melintasi sunga Yalu, Pil dan sang ibu untuk pertama kalinya dapat meninggalkan negara asal mereka Korea Utara.

Namun enam bulan setelah pelarian itu, agen perbatasan China menemukan keluarga tersebut, dan memutuskan untuk mengirimnya kembali ke Korut. Sang ibu akhrinya harus merasakan penjara dan siksaan dari pihak keamanan Korea Utara, dan ia dikembalikan ke rumah ayah tirinya.

Tidak kapok, ia malah kembali bertekad untuk melarikan diri, dan sekali lagi berhasil lolos ke China dengan menyeberangi sungai yang membeku, namun pada akhirnya ia berhasil ditangkap tidak lama setelah sampai di dataran China.

Dia kembali mencoba untuk kedua kalinya, saat itu pihak keamanan China melaju dengan cepat, sehingga ia memutuskan bersembunyi diantara salju, penjaga Korea Utara pun datang untuk mencarinya, dan Pil kembali berlari ke China.

Pil berhasil kabur setelah percobaan ketiganya, ia bisa naik taksi ke kota dan menemukan jalan menuju Seoul. Sekarang pengungsi Korut ini ingin membantu para rekan dari negaranya beradaptasi dengan cara hidup di Korea Selatan.

Dengan semakin santernya program nuklir dan ancaman Kim Jong Un, terhadap negara-negara tetangganya, jumlah warga Korea Utara yang membelot dan mencoba kabur pun semakin banyak dan banyak.

KEYWORD :

Korea Utara Korea Selatan Pengungsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :