Senin, 29/04/2024 20:54 WIB

Feature Foto

Kesenian Barong Blora

Sifat-sifat kerakyatan lebih ditonjolkan. Bahkan dipercaya bentuk singa dari topeng barongannya itu, merupakan landasan keperkasaan masyarakat untuk menjalani hidup.

Salah satu karakter kesenian Barong

Jakarta - Indonesia merupakan negara yang kaya akan kesenian dan budaya. Hampir seluruh wilayahnya punya ciri khas sendiri. Dan menjadi salah satu alasan wisatawan mancanegara mendatangi Indonesia, hanya sekedar ingin melihat atraksi kesenian.


Salah satu kesenian yang terkenal adalah Barong. Ini kesenian asal Jawa Tengah. Namun di daerah itu berkembang lagi hingga ke pelosok daerah lainnya. Namun yang cukup terkenal adalah Barongan dari Blora yang diakui punya khas berbeda dengan lainnya.

Makna dari kesenian barong ini, lebih menonjolkan pada kekuatan masyarakat. Sifat-sifat kerakyatan lebih ditonjolkan. Bahkan dipercaya bentuk singa dari topeng barongannya itu, merupakan landasan keperkasaan masyarakat untuk menjalani hidup.


Dan untuk memperkenalkan kesenian barong kepada masyarakat, warga Vila Nusa Indah 5, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menampilkan tarian Barong bersamaan dengan karnaval memperingati Kemerdekaan, Minggu (20/8).

Tarian kesenian barong ini dari paguyuban Barong Blora yang bermukim di  Bekasi, Jawa Barat. Wajah-wajah seram topeng dan juga para pengawal barong, memperlihatkan atraksi-atraksi tarian hingga pertarungan. Musik-musik yang mengiringi, terdengar memberikan semangat para penari.

 Foto-Foto : jurnas.com/rusman

KEYWORD :

Kesenian Barong Tradisi Blora Feature Foto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :