Minggu, 28/04/2024 05:06 WIB

Aneh! Bayi Ini Kandung Saudara Kembarnya

Para dokter tercengang saat menemukan bayi laki-laki yang baru lahir ternyata mengandung saudara kembarnya

Kondisi bayi pasca dikeluarkan bayi lain dalam perutnya

Jakarta - Para dokter tercengang saat menemukan bayi laki-laki yang baru lahir ternyata mengandung saudara kembarnya. Mereka menemukan bayi setengah matang lengkap dengan otak, lengan dan kaki di dalam perut bayi baru lahir.

Mereka berhasil memindahkan mayat bayi sepanjang 7cm dari dalam perut bayi malang itu. Dokter menduga insiden tersebut meruapakan kehamilan kembar Fetus in fetu yang sangka langka, sekitar satu dari 200 yang pernah tercatat di dunia.

Menurut Ginekolog Dr Neena Nichlani, hal itu adalah kasus kehamilan kembar monozigot yang berbagi satu plasenta, di mana satu janin membungkus dirinya dan menyelimuti yang lain serta merampas nutrisinya.

"Bisa ditanamkan di tengkorak, perut atau tulang ekor. Terkadang hal itu juga bisa menyebabkan kematian pada tubuh yang mengandungnya karena keduanya mendapat nutrisi dari satu tali saja," ungkap Neena.

Senada dengan Neena, ahli radiologi Dr. Bhavna Thorat melihat kelainan tersebut selama pemeriksaan ibu hamil di Bilal Hospital di Mumbra pada awal Juli. Ketika bayi lahir sembian hari kemudian dia mengamati bayi itu dan menemukan `bayi kecil lain` di dalam perut bayi yang baru lahir itu.

"Itu ada di dalam kantung janin bayi yang baru lahir. Saya bisa melihat tulang anggota tubuh bagian atas dan bawah janin," ujar Thorat. 

Beruntung tim dokter berhasil mengeluarkan bayi tresbut daam perut saudaranya, sehingga bayi pertama dapat selamat dari maut dan kondisinya mulai membaik. 

KEYWORD :

Berita Unik Bayi Mengandung India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :