Senin, 29/04/2024 09:44 WIB

Inilah Situasi Gowes Pesona Nusantara di Bolaang Mongondow

Mengambil start di Lapangan Sogi Bolangitang Barat, Sabtu 29 Juli 2017, diikuti lebih dari 1.000 pegowes.

Gowes Pesona Nusantara di Bolaang Mangondow

Bolaang Mongondow - Kabupaten Bolaang Mongondow yang terletak di di wilayah Provinsi Sulawesi Utara sibuk dalam sepekan terakhir mempersiapkan diri sebagai penyelenggara Gowes Pesona Nusantara 2017, program andalan Kemenpora dibawah kepemimpinan Menpora Imam Nahrawi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kab. Bolaang Mongondow Utara, Halifaks Olii mengklaim bahwa hingga H-1 pihaknya masih berbenah mematangkan persiapan hingga dini hari. "Kami ingin segalanya sesuai harapan," kata Halifaks Olii.

Menurutnya respon masyarakat sangat besar dan positif, terlebih kegiatan ini baru kali pertama dan berskala nasional. PNS pun diwajikan ikut bergowes untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam berolahraga.

Mengambil start di Lapangan Sogi Bolangitang Barat, Sabtu 29 Juli 2017, diikuti lebih dari 1.000 pegowes, termasuk para pemangku daerah seperti Bupati Bolaang Mongondow Depri Pontoh, Sekda Hasripan Nani, serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Bolmut.

Mereka bergowes sejauh 15 km. Sejuknya udara sepanjang rute yang ditempuh membuat para peserta tampak enjoy. Mereka juga menikmati pemandangan yang elok sambil menyisir pantai Batu Pinagut hingga finis di Lapangan Kembar Boroko.

Menariknya di tengah perjalanan, Bupati Depri dan Rita Supriyanto, Kabid Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora melakukan penanaman pohon kayu hitam di tepi pantai. "Kami bisa mendukung seluruh program pak Menteri, walaupun kami menggelarnya dengan sederhana. Kami berharap kedepan masyarakat Bolmut lebih mencintai olahraga, khususnya bersepeda. Bukan hanya untuk hari ini, tapi juga terus berlanjut," ujar Bupati Depri Pontoh.

Gowes Pesona Nusantara memang bukan sekadar mengajak masyarakat  berolahraga sepeda. Tapi juga memperkenalkan destinasi budaya dan wisata di tiap daerah penyelenggara. 

Hajatan yang diprakarsai Menpora Imam Nahrawi ini digelar di 90 kota kabupaten seluruh Indonesia dalam mengkampanyekan "Ayo Olahraga". Tagline tersebut sangat bersahabat dalam mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan berolahraga.

"Keseluruhan pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara di Bolmut ini terbilang sukses. Antusiasme diperlihatkan dari kalangan masyarakat termasuk anak- anak. Tentu ini tak lepas dari peran bupati dan jajarannya yang gencar menghangatkan olahraga," ujar Rita Supriyanto, 

Sementara itu, sebagai bukti kesetiaan Bolmut terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, juga diserahkan tanah dan air yang diambil dari Bukit Mokapog karena disana asal usul raja Bolmut.

Ritual adat istiadat Bolaang Mongondow mewarnai prosesi pengambilan tanah dan air bersejarah tersebut. Karena tanah dan air ini diambil untuk kepentingan negara. Diharapkan penyerahan nilai-nilai bersejarah tersebut dapat memberikan rizki bagi Bolmut yang berpopulasi 80 ribu jiwa.

KEYWORD :

info pemuda dan olahraga gowes pesona nusantara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :