Senin, 29/04/2024 00:33 WIB

Agar Menarik, Kata Menpora: Olahraga di Daerah Harus Digandengkan Pariwisata

Pemerintah saat ini sedang mendorong agar wisata dan olahraga dapat dikombinasikan sebagai sport tourism.

Menpora Imam Nahrawi saat menerima audiensi Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin yang hadir bersama jajarannyadi ruang kerjanya lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (13/7) siang.

Jakarta - Menpora Imam Nahrawi menerima audiensi Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin yang hadir bersama Kadispora Yunus Eraku, Kadis Pemberdayaan Desa Abdullah Bakari, Sekdis Hartono Yusuf, Ketua Komisi III DPRD Lukman Botutihe dan Humas Ikbal Suleman di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (13/7) siang. Kepada Menpora, Indra Yasin menyampaikan bahwa Kabupaten Gorut telah siap untuk pembukaan Gala Desa pada tanggal 5 Agustus mendatang, selain pembukaan Gala Desa Menpora juga di jadwalkan akan ada temu pemuda Gorontalo Utara serta menyaksikan pembangunan sport center. 

"Kami mohon kehadiran Pak Menteri untuk pembukaan Gala Desa juga kami telah menyiapkan lahan seluas 6 hektar untuk pembangunan sport center kiranya Pak Menteri dapat menyaksikan," kata Indra Yasin.

Gorontalo Utara merupakan daerah pemekaran dari Gorontalo sepuluh tahun lalu. APBD Gorontalo Utara saat ini mencapai Rp 750 miliar lebih per tahun sedangkan PAD murni sekitar Rp 27 miliar. "Kami memiliki pelabuhan terbesar di Gorontalo dan sangat dekat ke Surabaya sebagai salah satu destinasi wisata dan garis pantai kami mencapai 317 km panjangnya dari utara ke barat," tuturnya.

"Kami memiliki atlet takraw dan wasit berskala nasional, atlet takraw kami saat ini sedang ikut Asian School Games di Singapura 2017 yang sebelumnya telah Pak Menteri lepas, selain takraw kami ada dayung, menyelam dan tarik tambang perahu sebagai olahraga yang digemari masyarakat," tambahnya.

Menpora mengatakan, pemerintah saat ini sedang mendorong agar wisata dan olahraga dapat dikombinasikan sebagai sport tourism.  Selain lebih menarik dan semarak, kegiatan sinergi antara kegiatan olahraga dengan pariwisata juga bisa lebih optimal dalam mempromosikan daerah tersebut, khususnya potensi destinasi wisatanya. Hal itulah yang dikehendaki Kemenpora melalui kegiatan Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa.

“Terkait gala desa ini adalah semangat untuk menyibukkan masyarakat dengan olahraga, maksud kami karena garis pantai Gorut ini begitu panjang tahun depan kita rencanakan untuk sepeda atau gowesnya di Gorut kita harus manfaaatkan keindahan pantai disana," ucap Menpora yang di dampingi Staf Khusus Komunikasi dan Kemitraan Anggia Erma Rini, Sesdep Bambang Laksono dan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Arifin Majid.

"Banyak destinasi wisata di sana (Gorut) Pak Bupati harus sinkronisasi dengan pemerintah pusat, salah satunya ada menara menyerupai Menara Eiffel di Paris, yang ada Masjidnya saya sempat promosikan dan banyak yang berkunjung ingin tahu," tambah Menpora.

KEYWORD :

info pemuda dan olahraga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :