Kamis, 02/05/2024 21:57 WIB

Australia Dituding Mematai Kedutaan dan Warga China

Diberitakan juga, pejabat China menemukan banyak perangkat untuk menyadap di kedutaan. Sehingga akhirnya dilakukan renovasi.

Kedutaan China di Canberra, Australia

Beijing - Pemerintah Australia dituding telah melancarkan aksi mematai-matai kedutaan dan warga China di Australia untuk mendapatkan informasi intelijen. China Curiga, aksi ini terkait hubungan pertahanan Canberra dengan Washington.

Kabar itu dilansir surat kabar berpengaruh China, Global Times yang menyebutkan sumber pejabat dari Departemen Keamanan Nasional China. Diberitakan, "petugas Australia yang menyamar, mendekati orang China, yang bekerja atau tinggal di luar negeri, untuk mengumpulkan informasi atau bahkan mendorong mereka melakukan subversi pada China," kata laporan itu.

"Sementara itu, atas nama menghindari `ancaman mata-mata China`, Badan intelijen Australia terus memantau orang China dan Kedutaan Besar China di Australia," kata sumber itu lagi.

Dari laporan itu, disebutkan banyak orang China yang diwawancarai bahkan atau dilecehkan. "Beberapa orang China bahkan dikirim kembali ke China untuk mengumpulkan informasi," katanya.

Diberitakan juga, pejabat China menemukan banyak perangkat untuk menyadap di kedutaan. Sehingga akhirnya dilakukan renovasi. (Reuters/Ant)

KEYWORD :

China Intelijen Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :