Senin, 29/04/2024 21:14 WIB

Respon Masyarakat, Presiden Jokowi Batalkan Full Day School

Ditemani oleh Muhadjir Effendy, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menyampaikan sikap Presiden Jokowi yang mengapresiasi aspirasi yang berkembang di masyarakat

Mendikbud Muhadjir Effendy dan Rais Aam PBNU KH Maruf Amin.(videorilis)

Jakarta - Kebijakan Full Day School yang digagas dan akan diterapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dibatalkan oleh Presiden Joko Widodo.

Demikian penjelasan dari keterangan pers yang dilakukan oleh KH Maruf Amin dan Mendikbud Muhadjir Effendy usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Jakarta pada Senin (19/6).

Menurut kyai yang juga Ketua Umum MUI itu menjelaskan bahwa Full Day School yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 23 Tahun 2017 itu akan diganti dengan peraturan presiden. Untuk lebih memperdalam, maka presiden akan meminta masukan dalam menyusun aturan tersebut.

"Presiden merespons aspirasi yang berkembang di masyarakat dan memahami apa yang jadi keinginan masyarakat dan ormas Islam. Oleh karena itu, Presiden akan melakukan penataan ulang terhadap aturan itu," kata Ma`ruf Amin.

Ditemani oleh Muhadjir Effendy, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menyampaikan sikap Presiden Jokowi yang mengapresiasi aspirasi yang berkembang di masyarakat dan memahami apa yang jadi keinginan ormas Islam.

Keputusan tersebut diambil karena berdasarkan perkembangan kebijakan Full Day School mendapat respon negatif di masyarakat. Dikhawatirkan, kebijakan Mendikbud tersebut mematikan sekolah-sekolah non-formal, seperti madrasah diniyyah dan pondok pesantren.

Presiden mengambil langkah untuk menata ulang terhadap regulasi itu sehingga Peraturan Menteri (Permen) akan menjadi Peraturan Presiden (perpres). Dalam perpres nantinya diatur pengautan madrasah diniyyah dan pondok pesantren, terutama untuk menangkal kemungkinan berkembangnya radikalisme dan terorisme.

Peraturan presiden nantinya aka ndisusun bersama Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, MUI, PBNU serta PP Muhammadiyah.[]

KEYWORD :

full day school muhadjir effendy maruf amin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :