Senin, 29/04/2024 06:08 WIB

Ketua MPR: Pancasila sebagai Sistem Etika

Pancasila sebagai ideologi negara sebaiknya dapat diimplementasikan dalam praktek ketatanegaraan Indonesia.

Ketum PAN, Zulkifli Hasan

Jakarta - Pancasila sebagai ideologi negara sebaiknya dapat diimplementasikan dalam praktek ketatanegaraan Indonesia. Hal itu dalam rangka mencari formula kebijakan etika kehidupan berbangsa.

Demikian disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan, dalam rangkaian "Konferensi Nasional Etika Kehidupan Bernegara" pada Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2017, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (31/5).

"Pancasila sebagai ideologi negara, pandangan hidup rakyat Indonesia tidak boleh berhenti menjadi sistem nilai yang bersifat filosofis, tetapi harus pula diterjemahkan sebagai sistem etika dan sistem tindakan," kata Zulkifli.

Zulkifli menjelaskan, konferensi ini sendiri dilaksanakan dengan tujuan untuk, mendapatkan masukan mengenai arah kebijakan yang perlu diambil dalam rangka mengimplementasikan etika kehidupan berbangsa.

"Semoga ada banyak masukan mengenai kaidah pelaksanaan untuk internalisasi dan sosialisasi etika kehidupan berbangsa dan langkah-langkah yang diperlukan dalam penegakan etika kehidupan berbangsa," katanya.

Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa merupakan program kegiatan hasil kerjasama tiga lembaga negara yaitu MPR, Komisi Yudisial (KY) dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu).

Selain Ketua MPR, turut hadir dalam acara tersebut, Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari dan Ketua DKPP Jimly Asshidiqie.

KEYWORD :

Ketua MPR Zulkifli Hasan Pancasila Ideologi Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :