Sabtu, 04/05/2024 21:58 WIB

Tolak Fahri Pimpin Paripurna DPR, PKS Walkout

Fraksi PKS menolak Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memimpin sidang paripurna DPR. Sebab, Fahri dianggap tidak layak karena sudah tidak mewakili PKS.

Ilustrasi Paripurna DPR

Jakarta - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menolak Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memimpin sidang paripurna DPR. Sebab, Fahri dianggap tidak layak karena sudah tidak mewakili PKS.

Hal itu disampaikan Anggota Fraksi PKS, Sigit Sosiantomo, saat melayangkan interupsi dalam sidang Paripurna DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/5).

Kata Sigit, Fahri masih memiliki masalah dengan PKS, sebagaimana proses hukum yang masih berjalan pasca pemecatan dari keanggotaan partai.

"Kami menganggap proses ini masih belum selesai oleh karena itu kami menganggap Pak Fahri duduk sebagai pimpinan rapat saat ini sebagai fraksi PKS, saya sebagai anggota fraksi PKS merasa keberatan dipimpin oleh Pak Fahri," kata Sigit.

Untuk itu, Sigit meminta agar pimpinan DPR mengganti posisi Fahri sebagai pimpinan rapat paripurna DPR. Sebab, aksi protes terhadap Fahri sudah sejak lama dilayangkan jauh sebelum Setya Novanto kembali menjadi Ketua DPR.

"Oleh karena itu saya berharap pimpinan untuk memilih diantara pimpinan yang layak untuk memimpin paripurna ini, saya kira itu protes saya, dan ini sudah berjalan lama sebelum Pak Novanto dilantik," tegasnya.

Bahkan, Fraksi PKS melakukan aksi walkout dari ruangan sidang Paripurna DPR dengan agenda kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan RAPBN 2018.

"Saya secara pribadi akan memutuskan bahwa saya akan selalu tidak hadir apabila dipimpin Fahri Hamzah, karena Fahri sudah tidak legitimate karena sudah tidak lagi mewakili PKS," tegasnya.

"Ini penting karena legitimasi lembaga yang dipimpin, apa yang diputuskan disini jadi tidak legitimate, kalau tidak ada tindak lanjut, saya siap keluar ruangan walkout agar jadi perhatian pimpinan," lanjutnya.

Fahri enggan menanggapi protes tersebut. Fahri pun tetap melanjutkan rapat paripurna dengan mendengarkan pandangan dari fraksi terkait kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan RAPBN 2018.

"Saya kira kita lanjutkan dulu kepada pembacaan sikap fraksi masing-masing, terkait soal hukum yang sudah selesai kalau diperlukan penjelasan saya sendiri bisa diundang untuk menjelaskan posisi hukum dari peristiwa-peristiwa saya ini," ungkap Fahri.

"Setuju, lanjutkan," teriak sejumlah anggota DPR lainnya.

Merasa diabaikan oleh Fahri, Sigit pun meninggalkan kursinya dan keluar dari ruang rapat paripurna. Aksi walkout ini juga diikuti anggota Fraksi PKS lainnya seperti Sukamta serta Surahman Hidayat.

Bahkan pembacaan pandangan fraksi PKS terkait kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan RAPBN 2018 hanya diserahkan dalam bentuk laporan tulisan saja oleh anggota Fraksi PKS, Ecky Awal Muharam.

KEYWORD :

PKS Tolak Fahri Fahri Hamzah Pimpinan DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :