Rabu, 01/05/2024 22:14 WIB

Kick off Gala Desa Digelar di Bulukumba

Sekitar 10 ribu orang akan ikut ambil bagian dalam kick off Gala Desa.

Asisten Deputi Olahraga Pendidikan pada Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Arifin Majid dan Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora, Amar Ahmad saat meninjau gladi bersih Kick Off Gala Desa di Bulu

Bulukumba – Kompetisi antar desa atau Gala Desa akan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Bulukumba, Sulawesi Selatan akan menjadi tempat kick off yang akan dilakukan Menpora Imam Nahrawi. Sebelum kick off, panitia Gala Desa untuk wilayah Sulawesi Selatan menggelar gladi bersih di lapangan Pemuda Bulukumba yang berada di depan Kantor Bupati Bulukumba Jl.  Pemuda, Sabtu (13/5).

Tampak ratusan kalangan anak muda memenuhi lapangan. Sebagian mensimulasikan tari-tarian dengan diiringi musik tradisional. Selain itu, papan bertuliskan nama masing-masing kecamatan tertancap rapih di lapangan.  "Ini gladi bersih untuk kick off Gala Desa besok. Bisa kita lihat,  betapa antusiasnya warga di sini menyambut Gala Desa," ungkap Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora, Amar Ahmad di sela-sela gladi bersih.

Gala Desa digelar di 136 titik kabupaten/kota di 34 provinsi. Untuk gelaran Gala Desa di Sulsel,  kata Amar,  akan dihelat di tujuh kabupaten dan kota.  "Selain di Bulukumba,  juga digelar di Bantaeng,  Sinjai,  Bone,  Soppeng, Wajo,  dan Pinrang," jelas Amar.

Asisten Deputi Olahraga Pendidikan pada Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Arifin Majid  menambahkan,  kick off Gala Desa di Bulukumba akan dilakukan oleh langsung Menpora Imam Nahrawi.  Karenanya,  lanjut Arifin,  akan dibuatkan acara khusus penyambutan terhadap Menpora.  "Acara penyambutan Pak Menteri besok, menggunakan tarian tradisional. Yaitu,  tarian Ganrang Bulo," ungkap Arifin.

Selain tarian penyambutan (Ganrang Bulo), ada beberapa tarian tradisional yang akan ditampilkan. Yakni,  tarian Mappatabe Ri Wanua yang diartikan sebagai permohonan kepada penguasa alam semesta untuk menyelenggarakan acara. Kemudian ada tarian Mappasili yang dimaknai sebagai pensucian diri. Serta tarian pepe pepe yang menjadi simbol pembakar semangat anak muda.

Arifin mengungkapkan,  sekitar 10 ribu orang akan ikut ambil bagian dalam kick off Gala Desa, Minggu (14/5). "Di sini ada 10 kecamatan. Masing-masing kecamatan akan mengirimkan 1000 lebih warganya," tuturnya.

KEYWORD :

Gala Desa Kemenpora Kick off Gala Desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :