Senin, 29/04/2024 00:54 WIB

Ini Jurus Mentan Genjot Populasi Sapi

Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman terus menggenjot target pemenuhan populasi sapi melaui program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab)

Amran Sulaiman (Tengah)

Jakarta - Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman terus menggenjot target pemenuhan populasi sapi melaui program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut dinilai dapat mewujudkan kemandirian pangan asal ternak, meningkatkan kesejaheraan petani dan mengejar swasembada daging 2026.

“Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencapai percepatan swasembada daging sapi, sehingga diharapkan Indonesia tidak lagi impor daging dan bakalan sapi, bahkan daging kerbau dari negara lain,” kata I Ketut Diarmita selaku Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian saat dihubungi Jurnas.com

Untuk menyukseskan program tersebut, kata Diarmita diperlukan dukungan dari semua pihak termasuk dari anggota dewan yang merupakan wakil rakyat. Hal ini karena peningkatan produksi daging sapi/kerbau di Indonesia masih rendah dibandingkan kecepatan peningkatan kebutuhan daging secara nasional. Padahal sumberdaya alam di Indonesia mendukung untuk usaha peternakan sapi dan kerbau.

Ketut Diarmita juga mengaskan, bahwa peran semua pihak sangat berarti bagi pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, terutama untuk berkontribusi dalam pemenuhan protein hewani asal ternak dari produksi daging nasional. “Dengan peran aktif semua pihak, kita harapkan Indonesia dapat menjadi Lumbung Pangan Asia, sehingga kita berharap peternak juga sejahtera dan dapat menikmati hasilnya karena adanya peningkatan pendapatan” kata Diarmita.

Menurutnya, Kementan menargetkan 2017 sekitar 3 juta ekor kebuntingan. Berdasarkan data yang sudah dirilis oleh Pusdatin Kementan, data realisasi IB dari bulan Januari - April 2017 secara nasional mencapai 1,040,977 ekor akseptor (25,85%) dan realisasi kebuntingan mencapai 386,751 ekor (12,82%), serta kelahiran anak sapi (pedet) sebanyak 280.629 ekor. Sedangkan data Kumulatif dari bulan Januari - 2 Mei 2017, terdapat sapi yang di IB sebanyak 1.060.132 (26,33%), sapi bunting sebanyak 392.885 ekor (13,03 %) dan Lahir anak sapi sebanyak 284.392 ekor.

KEYWORD :

Komoditi Kementerian Pertanian Amran Sulaiman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :