Senin, 29/04/2024 01:52 WIB

Info Ketenagakerjaan

Serikat Pekerja Harus Responsif Terhadap Perkembangan Teknologi

Perubahan proses produksi pada akhirnya akan mendorong perubahan karakter pekerjaan, seperti penggunaan mesin dan robot sebagai pengganti tenaga manusia

Menaker Hanif Dhakiri

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengingatkan serikat pekerja agar bersikap responsif terhadap kemajuan teknologi yang berpengaruh pada dunia kerja. Respon proaktif dibutuhkan dalam menghadapi tantangan perubahan karakter pekerjaan akibat kemajuan teknologi.

“Perubahan karakter pekerjaan terjadi begitu cepat karena pengaruh perkembangan  teknologi, seperti penggunaan mesin dan robotisasi. Ini harus direspon secara cepat juga baik oleh pemerintah, dunia usaha dan tentu saja oleh serikat pekerja, “ kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa 2 Mei 2017.

Dalam beberapa dekade terakhir ini, negara-negara di dunia menaruh perhatian yang sangat besar pada strategi mempercepat pertumbuhan perekonomian. Sejarah telah membuktikan, penemuan dan kemajuan teknologi dapat meningkatkan produksi. Kemajuan teknologi ditandai dengan adanya perubahan proses produksi.

Perubahan proses produksi pada akhirnya akan mendorong perubahan karakter pekerjaan, seperti penggunaan mesin dan robot sebagai pengganti tenaga manusia. Penggunaan mesin dan robot sudah mulai diterapkan oleh beberapa perusahaan untuk pekerjaan yang dianggap berbahaya bagi manusia, atau pekerjaan yang kemungkinan sulit dikerjakan dengan tenaga manusia.

Menaker menjelaskan penggunaan mesin  dan robot dalam dunia kerja di satu sisi bisa meningkatkan produksi dan efisiensi perusahaan, namun disisi lain dapat menimbulkan permasalahan terkait pengurangan pekerja.

“Pemerintah terus memfasilitasi pencarian solusi ke arah tersebut melalui berbagai bentuk kebijakan, program maupun kegiatan. Keahlian dan kompetensi pekerja/buruh harus ditingkatkan untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang sangat pesat Jika tidak, lambat laun tingkat relevansi dari penggunaan pekerja bisa terus menurun kalau misalnya orang banyak menggunakan robot, mesin dsb,” kata Hanif.

“Untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah terus memperkuat akses dan mutu pelatihan kerja serta  akses dan mutu untuk pendidikan formal. Semua itu dalam rangka mendorong  agar tenaga kerja kita menjadi lebih kompetitif, lebih kompeten,” kata  Hanif.

“Serikat pekerja  dan pengusaha juga harus  dapat mengedepankan dialog sosial.  Berbagai permasalahan dapat dibicarakan dengan pihak perusahaan di meja perundingan. Bahwa jika masuk ke serikat buruh bukan cuma demo saja. Selama ini kan kesannya diajak demo, ditarik iuran yang pada akhirnya orang bosan,” terang Hanif.

Pemerintah berkepentingan untuk membantu teman-teman serikat pekerja agar serikat pekerja semakin diminati oleh para pekerja dan semua perusahaan ada serikatnya sehingga semua relasi dalam hubungan industrial berdasar pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang diproses secara bipartit antara serikat pekerja dengan manajemen perusahaan.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :