Selasa, 30/04/2024 00:19 WIB

Khofifah Titip Pesan ke Pemudik Jatim Usai Salat Idul Fitri

Khofifah berharap semoga seluruh masyarakat bisa memaksimalkan silaturahmi.

Khofifah Indar Parawansa

Jurnas.com - Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa bersama keluarga melaksanakan Salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Rabu 10 April 2024 pagi.

"Selamat merayakan Idulfitri 1 Syawal 1445 H, minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin," kata Khofifah usai Salat Id.

Khofifah berharap semoga seluruh masyarakat bisa memaksimalkan silaturahmi di momen Idulfitri tersebut. Ia juga mengucapkan selamat datang kepada 31,3 juta orang yang mudik ke Jatim.

"Bagi yang mudik 31,3 juta, selamat kembali ke kampung halaman nikmati indahnya silaturahmi, dan nikmati destinasi wisata kuliner di Jatim," ujarnya.

"Mudahan-mudahan semuanya sehat selamat sampai kembali ke tempat tugas semula," tambahnya.

Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Helmy M Noor menjelaskan, setidaknya 40.000 ribu jemaah yang melaksanakan Salat Id di lantai 1, lantai 2, hingga halaman masjid.

"Ini saya kira rekor terbanyak karena mungkin lebarannya sama [pemerintah dan Muhammadiyah]. Sehingga orang bisa salat di tanggal yang sama," kata Helmy saat ditemui usai salat id.

Helmy menilai mayoritas jemaah yang datang bukan hanya dari Surabaya Raya, melainkan juga dari berbagai beberapa kabupaten di Jawa Timur, seperti Lamongan Madiun, bahkan dari Jakarta.

Laporan yang masuk ini dari Lamongan ada Madiun, Malang juga ada. Rata-rata sebagian besar malah jemaah yang dari parai pegawai atau orang-orang Jakarta, plat B itu banyak. Mungkin orang Surabaya kerja di Jakarta kemudian mudik gitu ya," jelasnya.

Ibadah salat id tahun ini dipimpin oleh KH Abdul Hamid Abdulllah yang merupakan Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya. Sedangkan khotbah disampaikan Prof KH Ali Aziz guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya.

KEYWORD :

Khofifah Indar Prawansa Hari Raya Idul Fitri Salat Idul Fitri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :