Selasa, 30/04/2024 00:21 WIB

Polisi dan Pemuda Nasrani Kawal Pawai Takbiran di Jayapura

Aparat kepolisian bersama pemuda Nasrani mengawal pelaksanaan pawai Takbiran umat Muslim, di Jayapura, Selasa (9/4) malam.

abag Ops Kompol Septen Sianturi memberikan arahan sebelum pawai malam Takbiran digelar pada halaman Masjid Agung Al-Aqsha Sentani, Selasa (9/4) 2024 malam. (Dok: Ant)

Jakarta, Jurnas.com - Aparat kepolisian bersama pemuda Nasrani mengawal pelaksanaan pawai Takbiran umat Muslim, di Jayapura, Selasa (9/4) malam.

Kepolisian Resor (Polres) Jayapura bersama pemuda Nasrani mengawal pawai Takbiran yang diikuti oleh ratusan umat Muslim Kabupaten Jayapura berjalan dengan aman dan lancar di Masjid Agung Al-Aqsha Sentani.

Selain dukungan pengawalan dari aparat keamanan TNI-Polri tetapi juga dijaga oleh pemuda-pemuda umat Nasrani dan Katolik setempat.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen di Sentani melalui Kabag Ops Kompol Septen Sianturi dalam keterangan tertulisnya di Sentani, Rabu mengatakan pawai malam Takbiran diadakan sebagai bagian dari rangkaian perayaan menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah 2024.

“Luar biasa pelaksanaan pawai Takbiran, sangat ramai dan selain pengawalan yang kami (polisi) pimpin tetapi juga ada pemuda Nasrani ikut mengawal jalannya pawai Takbiran ini sehingga berjalan dengan baik dan aman,” kata AKBP Fredrickus seperti dilansir Antara.

Menurut Kompol Septen, kondisi keamanan dan ketertiban yang terjaga dengan baik selama pawai Takbiran menandakan bahwa nilai-nilai toleransi begitu terjaga dengan baik di Kabupaten Jayapura.

“Kami sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan selama pawai Takbiran sehingga proses ini dapat berjalan dari awal hingga akhir dengan baik,” ujarnya.

Dia menjelaskan tentu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tidak dapat dijaga secara sepihak oleh aparat kepolisian dan TNI, tetapi dukungan partisipasi masyarakat lah sangat diharapkan dalam memperingati hari-hari besar besar keagamaan seperti Idul Fitri maupun Natal.

“Kami pikir masyarakat Kabupaten Jayapura sudah sangat dewasa dalam menjaga nilai-nilai Pancasila terutama tentang toleransi antar umat beragama, sehingga kamtibmas terjaga dengan baik,” katanya.

Dia menambahkan keamanan dan ketertiban ini supaya terus terkendali baik dalam pelaksanaan salat Idul Fitri (Ied) pada Rabu (10/4) 2024 pagi hingga perayaan Lebaran ini berakhir di wilayah Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap agar semangat kebersamaan dan kerukunan ini tetap terjaga tidak hanya selama perayaan Idul Fitri, tetapi juga sepanjang tahun,” ujarnya.Pawai malam Takbiran oleh umat Muslim Kabupaten Jayapura menampilkan beragam tampilan kreatif masyarakat menyambut perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah 2024 sehingga suasana kemeriahan dan kebersamaan terasa di sepanjang rute pawai yang dilewati.

KEYWORD :

Kepolisian Resor Jayapura Pemuda Nasrani Kawal Pawai Takbiran Hari Raya Idul Fitri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :