Kamis, 16/05/2024 10:20 WIB

Dua Kali Pemunguan Suara, Kongres Peru Tolak Makzulkan Presiden Dina

Dua Kali Pemunguan Suara, Kongres Peru Tolak Makzulkan Presiden Dina

Anggota Kongres Peru memperdebatkan mosi untuk memakzulkan Presiden Dina Boluarte, di Lima, Peru 4 April 2024. REUTERS

LIMA - Kongres Peru memberikan suara dua kali untuk menolak pembahasan resmi peluncuran proses pemakzulan Presiden Dina Boluarte, yang sedang menghadapi penyelidikan atas kepemilikan perhiasan mahal, termasuk jam tangan mewah Rolex.

Boluarte – mantan wakil presiden yang dengan cepat dilantik sebagai kepala negara oleh Kongres pada tahun 2022 setelah pendahulunya dimakzulkan – menghadapi penyelidikan atas dugaan pengayaan ilegal dengan memperoleh jam tangan Rolex kelas atas secara tidak benar.

Dia membantah semua kesalahannya, namun kasusnya menjadi lebih rumit pada minggu ini ketika penyelidikan meluas ke deposito bank yang "tidak diketahui asal usulnya" dan perhiasan lainnya, termasuk gelang Cartier yang berharga.

Kongres pada hari Rabu mendukung daftar menteri baru pemerintah dalam mosi percaya terhadap kabinet terbaru. Hampir sepertiga menteri mengundurkan diri awal pekan ini, menyusul penggerebekan akhir pekan di kediaman Boluarte.

Pada hari Kamis, anggota parlemen menolak dua mosi terpisah untuk membawa topik pemakzulan ke dalam perdebatan.

Usulan pertama ditolak dengan perolehan 49 suara menolak, 33 suara mendukung, dan 12 suara abstain, dan suara kedua mengalami nasib serupa dengan 59 suara menolak, 32 suara mendukung, dan 11 suara abstain.

Persetujuan tersebut merupakan sebuah skenario yang tidak mungkin terjadi karena para anggota parlemen dari kelompok konservatif dan sayap kanan telah memberikan isyarat dukungan kepada presiden tersebut, dengan mengklaim bahwa mereka berusaha untuk menghindari krisis besar.

Baik Kongres maupun Boluarte hanya memiliki peringkat persetujuan sebesar 9%, menurut jajak pendapat Ipsos Peru pada bulan Maret. DPR telah menolak dua mosi sebelumnya untuk memberhentikan presiden, baik pada awal tahun ini maupun pada tahun 2023.

Boluarte telah menghadapi protes sengit selama bertahun-tahun dari para pendukung pendahulunya yang terpilih secara demokratis, Pedro Castillo, yang didakwa pada Desember 2022 karena mencoba menutup Kongres dan kemudian dipenjara.

Politik Peru sangat terpolarisasi dan konstitusi memperbolehkan presiden untuk dimakzulkan karena “ketidakmampuan moral,” sebuah tindakan subyektif yang digunakan untuk memakzulkan beberapa mantan pemimpin.

Hampir semua pejabat tinggi atau mantan presiden Peru pernah diselidiki oleh jaksa atau terlibat kasus korupsi dalam tiga dekade terakhir.

KEYWORD :

Presiden Peru Penyelidikan Jam Tangan Rolex




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :