Senin, 29/04/2024 02:40 WIB

Info Ketenagakerjaan

Perguruan Tinggi Miliki Peran Siapkan Tenaga Kerja Profesional

Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kompetensi merupakan syarat mutlak untuk dapat bersaing di semua level tingkatan, baik nasional maupun internasional.

Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengungkapkan perguruan tinggi meiliki peran strategis dalam menyiapakan tenaga kerja yang berkualitas. Lewat pendidikan diperkuliahan tentu akan meningkatkan daya saing dan kompetnsi setiap tenaga kerja.

Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kompetensi merupakan syarat mutlak untuk dapat bersaing di semua level tingkatan, baik nasional maupun internasional. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan diharapkan menyesuaikan sistem pendidikan agar selaras dengan tuntutan dunia kerja.

“Kita masih menghadapi adanya gap antara kebutuhan pasar kerja dengan luaran pendidikan, sedangkan disisi lain kita sangat mengharapkan luaran institusi pendidikan dapat langsung diserap oleh pasar kerja, khususnya pendidikan tinggi,’ ungkap Hanif.

Sebagaimana diketahui dalam data BPS 2016 bahwa kondisi pasar kerja kita saat ini sangat diwarnai tenaga kerja yang berpendidikan rendah, yaitu sebesar 49,97 juta orang, dan didominasi tenaga kerja yang bekerja di lapangan kerja sektor informal, yaitu sebesar 68,20 juta orang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa institusi pendidikan mulai dari tingkat dasar, menengah dan tinggi merupakan sisi supplay penghasil tenaga kerja, yang selanjutnya akan memasuki pasar kerja. Tingginya jumlah perguruan tinggi tersebut tidak diimbangi dengan lulusan/luaran tenaga kerja berbagai tingkatan pendidikan tinggi yang siap masuk ke pasar kerja.

Kondisi ini mengisyaratkan bahwa pendidikan tinggi belum merupakan jaminan terhadap keberterimaan di pasar kerja, baik diakibatkan karena adanya gap kompetensi maupun ketidaksesuaian dengan kebutuhan pasar kerja.

Untuk itu setiap perguruan tinggi perlu melakukan pembenahan terhadap program studi dan kurikulum untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan kemampuan atau kompetensi, apalagi dalam menghadapi kompetisi di era global.

Menaker Hanif menuturkan, bahwa momen wisuda merupakan start awal para wisudawan dan wisudawati untuk segera berpacu melakukan kerja-kerja nyata yang bermanfaat untuk kemaslahatan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat secara umum.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :