Senin, 29/04/2024 09:01 WIB

Konflik Maritim: Hubungan China-Filipina Tegang, Amerika Mengutuk Beijing

Konflik Maritim: Hubungan China-Filipina Tegang, Amerika Mengutuk Beijing

Sebuah kapal angkatan laut Tiongkok terlihat berlayar di Laut Cina Selatan, 4 Oktober 2023. REUTERS

MANILA - Tiongkok memperingatkan Filipina pada Senin untuk bersikap hati-hati dan mengupayakan dialog, dengan mengatakan bahwa hubungan mereka berada di "persimpangan jalan". Saat ini terjadi konfrontasi baru antara penjaga pantai mereka mengenai klaim maritim memperdalam ketegangan.

Ini adalah peringatan kedua yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam tiga bulan terakhir, ketika kedua negara secara terbuka berselisih mengenai klaim teritorial di Kepulauan Spratly, sebuah kepulauan yang sebagian besar tidak berpenghuni di Laut Cina Selatan.

Pesan tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Chen Xiaodong saat melakukan panggilan telepon dengan timpalannya dari Filipina Theresa Lazaro di tengah meningkatnya perselisihan mengenai perselisihan di Second Thomas Shoal di Laut Cina Selatan.

Dalam seruan tersebut, Lazaro menyampaikan “protes terkuat Manila terhadap tindakan agresif” yang dilakukan oleh Penjaga Pantai Tiongkok dan milisi maritim terhadap misi pasokan Filipina di Laut Cina Selatan, kata kementeriannya dalam sebuah pernyataan.

Chen mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Tiongkok sekali lagi mendesak Filipina untuk menghormati komitmen dan konsensusnya, menghentikan pelanggaran dan provokasi maritimnya, menghentikan tindakan sepihak apa pun yang dapat memperumit situasi, dan dengan sungguh-sungguh kembali ke jalur yang benar dalam menangani perbedaan dengan baik melalui dialog dan konsultasi dengan Tiongkok."

Filipina menuduh penjaga pantai Tiongkok menggunakan meriam air terhadap kapal sipil yang memasok pasukan pada hari Sabtu di Second Thomas Shoal, yang dikatakan telah merusak kapal dan melukai beberapa awak kapal.

Ini adalah yang terbaru dari serangkaian gejolak yang terjadi pada tahun lalu.

Kementerian Luar Negeri Filipina memanggil kuasa usaha Tiongkok di Manila pada hari Senin untuk memprotes “tindakan agresif” setelah insiden tersebut.

“Intervensi Tiongkok yang terus menerus terhadap aktivitas rutin dan sah Filipina di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina tidak dapat diterima,” katanya dalam pernyataan terpisah, seraya menambahkan bahwa protes diplomatik telah diajukan di Beijing.

“Ini melanggar hak kedaulatan dan yurisdiksi Filipina,” katanya, menuntut kapal-kapal Tiongkok keluar dari wilayah tersebut.

Penjaga pantai Tiongkok mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah mengambil tindakan yang diperlukan terhadap kapal-kapal Filipina yang mengganggu perairannya.

Beijing mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan sebagai miliknya, termasuk Second Thomas Shoal, yang berada dalam ZEE Filipina sepanjang 200 mil (320 km).

Filipina dengan sengaja mendaratkan kapal perang tua di perairan dangkal tersebut pada tahun 1999 sebagai cara untuk memperkuat klaim teritorialnya dan sejak saat itu tetap menempatkan sejumlah kecil pasukan militer di sana.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan pada hari Senin bahwa Filipina telah mengingkari janjinya untuk menarik kapal tersebut, “melanggar komitmen yang telah dibuat oleh pihak Tiongkok dalam banyak kesempatan”.

Filipina telah berulang kali membantah membuat komitmen tersebut dan mengatakan pihaknya tidak akan meninggalkan posisinya di Second Thomas Shoal.

Tiongkok telah mengerahkan ratusan kapal penjaga pantai di seluruh Laut Cina Selatan untuk berpatroli di wilayah yang dianggap sebagai perairannya, meskipun ada keputusan Pengadilan Arbitrase Permanen pada tahun 2016 dalam kasus yang diajukan oleh Manila yang menyatakan bahwa klaim tersebut tidak memiliki dasar berdasarkan hukum internasional. Tiongkok menolak mengakui hasil tersebut.

Para kepala keamanan Filipina mengadakan pertemuan tingkat tinggi pada hari Senin mengenai laporan insiden meriam air untuk menyiapkan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Presiden Ferdinand Marcos Jr mengenai langkah-langkah ke depan dalam perselisihan tersebut.

Tiongkok curiga terhadap keterlibatan AS-Filipina
Sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2022, Marcos telah mengambil tindakan tegas terhadap apa yang ia anggap sebagai permusuhan Tiongkok dan menolak tekanan Tiongkok untuk menghindari wilayah maritim yang diklaimnya.

Tiongkok memandang dengan curiga upaya Marcos untuk memperdalam keterlibatan dengan sekutu perjanjian pertahanan Amerika Serikat, termasuk meningkatkan akses pangkalan bagi pasukan A.S. dan memperluas latihan militer untuk mencakup patroli udara dan laut gabungan.

Washington mengatakan pihaknya mendukung Filipina karena mengutuk “tindakan berbahaya” Tiongkok. Jepang, Inggris, Jerman, Perancis, Kanada dan Australia juga telah mengeluarkan pernyataan dukungan terhadap Filipina.

“AS bukan pihak dalam masalah Laut Cina Selatan namun berulang kali melakukan intervensi, memprovokasi masalah maritim antara Tiongkok dan Filipina,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lin Jian pada konferensi pers pada hari Senin.

Menteri Pertahanan Filipina Gilberto Teodoro pada hari Senin menyarankan hal itu Tiongkok harus membuktikan kekuatan klaim maritimnya melalui arbitrase, bukan ambiguitas.

“Jika Tiongkok tidak takut untuk menyatakan klaimnya kepada dunia, lalu mengapa kita tidak melakukan arbitrase berdasarkan hukum internasional?” kata Teodoro dari Filipina kepada wartawan. “Tidak ada negara yang percaya (klaim mereka) dan mereka melihat ini sebagai cara mereka menggunakan kekuatan, mengintimidasi, dan membelokkan Filipina pada ambisi mereka.”

KEYWORD :

Filipina China Masalah Maritim Laut Cina Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :