Senin, 29/04/2024 23:48 WIB

Virus Flu Burung yang Lebih Mematikan Menyebar Agresif di Amerika Selatan

Virus Flu Burung yang Lebih Mematikan Menyebar Agresif di Amerika Selatan

Ahli biologi kelautan mengukur lumba-lumba mati saat terjadi wabah Flu Burung, di Sao Jose do Norte, Negara Bagian Rio Grande do Sul, Brasil, 21 November 2023. REUTERS

SAO PAULO - Virus flu burung H5N1 yang mematikan telah menyebar lebih agresif dibandingkan sebelumnya pada burung liar dan mamalia laut sejak tiba di Amerika Selatan pada tahun 2022. Hal ini meningkatkan risiko virus tersebut berkembang menjadi ancaman yang lebih besar bagi manusia, menurut untuk wawancara dengan delapan ilmuwan.

Yang lebih memprihatinkan adalah bukti bahwa penyakit ini, yang awalnya hanya menyerang spesies burung, kini menyebar antar mamalia. Strain ini telah membunuh segelintir lumba-lumba di Chile dan Peru, sekitar 50.000 anjing laut dan singa laut di sepanjang pantai, dan setidaknya setengah juta burung di seluruh wilayah.

Untuk memastikan penularan dari mamalia ke mamalia, para ilmuwan mungkin perlu menguji infeksi pada hewan hidup.

“Ini hampir pasti terjadi,” kata Richard Webby, ahli virologi di Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude di Memphis, Tennessee. “Sangat sulit untuk menjelaskan beberapa infeksi besar dan kematian ini tanpa adanya penyebaran dari mamalia ke mamalia.”

Strain ini telah muncul pada puluhan spesies burung, termasuk beberapa spesies yang bermigrasi, yang dapat menyebarkannya ke luar wilayah tersebut, kata para ilmuwan kepada Reuters.

Ketika perubahan iklim meningkat, hewan akan terpaksa pindah ke wilayah baru, bercampur satu sama lain dengan cara baru dan mungkin meningkatkan peluang virus untuk bermutasi lebih lanjut.

“Ini hanya masalah waktu sebelum Anda dapat mendeteksi strain Amerika Selatan pertama di Amerika Utara,” kata Alonzo Alfaro-Nunez, ahli ekologi virus di Universitas Kopenhagen.

Meningkatnya kekhawatiran telah mendorong 35 negara yang tergabung dalam Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) untuk mengumpulkan para pakar dan pejabat kesehatan regional pada pertemuan minggu ini di Rio de Janeiro.

Kelompok ini berencana membentuk komisi regional pertama di dunia yang mengawasi pemantauan dan upaya tanggap flu burung, kata seorang pejabat PAHO kepada Reuters. Hal ini belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Sejak virus ini pertama kali terdeteksi di Kolombia pada Oktober 2022, terdapat dua kasus yang diketahui terjadi pada manusia di benua tersebut, masing-masing di Ekuador dan Chile. Keduanya berasal dari paparan unggas yang terinfeksi.

Meskipun pasien-pasien tersebut selamat, flu burung H5N1 mematikan bagi manusia pada sekitar 60% kasus di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak mungkin menaikkan tingkat risiko pada manusia dari level “rendah” saat ini tanpa adanya bukti penularan dari manusia ke manusia atau mutasi yang disesuaikan dengan reseptor manusia, kata para ahli.

Produsen obat, termasuk GSK (GSK.L), membuka tab baru dan Moderna (MRNA.O), membuka tab baru, menyatakan bahwa mereka sedang mengembangkan vaksin flu burung untuk manusia, dan memiliki kapasitas untuk memproduksi ratusan juta dosis dalam waktu beberapa bulan dengan memanfaatkan jalur produksi yang digunakan untuk vaksin flu musiman.

“Kami melihat (virus ini) melakukan sedikit langkah evolusi dalam jangka panjang menuju potensi infeksi pada manusia,” kata Ralph Vanstreels, peneliti dari University of California, Davis yang mempelajari varian H5N1 di Amerika Selatan.

Setiap tahun, Semenanjung Valdes di Argentina yang terletak di pantai Atlantik yang berangin kencang dipenuhi dengan kawanan anjing laut gajah yang sedang membesarkan anak-anaknya.

November lalu, Vanstreels menyaksikan pemandangan yang suram: ratusan anak anjing mati dan membusuk di pantai. Para peneliti memperkirakan 17.400 anak anjing mati, hampir semuanya lahir di koloni tersebut pada tahun itu.

Sangat kecil kemungkinannya setiap anak anjing tersebut tertular oleh burung, kata para ilmuwan. Anak anjing biasanya hanya melakukan kontak dengan induknya, sehingga para ilmuwan menduga inilah cara penularannya.

Vanstreels adalah bagian dari sekelompok ilmuwan yang berupaya melacak mutasi genetik virus di Amerika Selatan.

Dalam draf makalah yang diposting di situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, mereka menganalisis sampel dari singa laut, anjing laut, dan burung dari pesisir Semenanjung Valdes. Membandingkan genom dari sampel ini dengan yang dikumpulkan di Amerika Utara pada tahun 2022 dan Asia sebelumnya, tim mengidentifikasi sembilan mutasi baru.

Mutasi yang sama ditemukan pada sampel yang dikumpulkan pada tahun 2022 dan 2023 di Chili dan Peru, yang juga dilanda kematian massal singa laut dan burung.

“Ini pertama kalinya virus ini beradaptasi dengan satwa liar,” kata Vanstreels. “Jelas ada sesuatu yang terjadi di Peru dan Chile bagian utara di mana mereka memperoleh mutasi baru ini.”

Dalam draf makalahnya, para peneliti mencatat bahwa mutasi yang sama terjadi pada salah satu dari dua kasus manusia di benua tersebut, yaitu seorang pria berusia 53 tahun yang tinggal satu blok dari pantai tempat burung laut berkumpul.

Para peneliti mengatakan kasus tersebut “menyoroti potensi ancaman yang ditimbulkan oleh virus-virus ini terhadap kesehatan masyarakat.”

Dengan pertemuan para pejabat kesehatan dan pakar di Rio minggu ini, negara-negara Amerika Latin akan ditekan untuk meningkatkan pengawasan penyakit di alam liar.

Data yang tidak merata di kawasan ini dan sumber daya yang terbatas membuat para ilmuwan kesulitan memahami bagaimana penyakit ini menyebar di alam liar, dengan jumlah kasus yang mungkin jauh lebih tinggi daripada yang dilaporkan. Beberapa kasus tidak diambil sampelnya atau diuji di laboratorium, kata para ilmuwan.

Bolivia, misalnya, tidak mencatatkan kasus penyakit ini di alam liar pada tahun lalu, meskipun penyakit ini telah terdeteksi di negara-negara sekitarnya, kata Manuel Jose Sanchez Vazquez, koordinator epidemiologi di pusat kesehatan hewan PAHO.

Mengelola respons penyakit juga bisa menjadi hal yang rumit, kata Sanchez. Ancaman terhadap manusia ditangani oleh pejabat kesehatan masyarakat, sedangkan ancaman terhadap unggas atau ternak ditangani oleh otoritas pertanian atau kedokteran hewan. Pada hewan liar, tanggung jawab biasanya berada pada pejabat lingkungan hidup.

Komisi regional yang baru, yang diperkirakan akan diumumkan pada hari Kamis, bertujuan untuk menetapkan protokol standar untuk pemantauan, penanganan dan pelaporan kasus di berbagai lembaga pemerintah. Hal ini juga dapat membantu mengumpulkan sumber daya laboratorium, kata Sanchez.

“Kami khawatir dan kami waspada,” kata Sanchez. “Semakin besar adaptasi virus terhadap mamalia, semakin besar kemungkinan terjadinya penularan ke manusia.”

KEYWORD :

Flu Burung Penyebaran Agresif Ancam Manusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :