Rabu, 15/05/2024 05:28 WIB

Natalius Pigai Sayangkan Bivitri Susanti Tidak Paham Prinsip HAM

Natalius Pigai menyayangkan ahli hukum Tata Negara Bivitri Susanti terkait pemahaman HAM.

Aktivis Nasional Hak Asasi Manusia Natalius Pigai. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Aktivis Nasional Hak Asasi Manusia Natalius Pigai menyayangkan ahli hukum Tata Negara Bivitri Susanti tidak cukup memiliki pemahaman yang utuh mengenai Hak Asasi Manusia (HAM), menyusul perdebatan keduanya pada talkshow Indonesia Lawyers Club beberapa waktu lalu.

Buntut pernyataan keduanya berawal dari ucapan Natalius Pigai yang mengatakan bahwa kalau kita tidak taat hukum lebih baik dirikan saja negara sendiri, terapkan hukum rimba di sana. Pernyataan Pigai ini direspon Bivitri dengan mengatakan apa yang disampaikan Natalius merupakan pelanggaran HAM karena kebebasan berpendapat itu juga bagian penting dari Hak Asasi Manusia dalam konteks negara demokrasi.

"Saya sebenarnya menyayangkan sekali respon Bivitri pada talkshow itu. Subtansi pernyataan saya adalah konteksnya soal `tidak taat hukum`, karena produk MK itu adalah UU, sifatnya final dan mengikat, tetapi terus dipersoalkan. Ini yang saya sebut `anda tidak taat hukum. Ya kalau sudah tidak taat, dirikan saja negara sendiri, terapkan hukum rimba," ungkap Natalius kepada wartawan, Jumat (8/3).

Ia menjelaskan, Bivitri keliru saat  merespon pernyataan dia dikaitkan dengan aspek Hak Asasi Manusia.

"Inilah yang sangat saya sayangkan. Karena pengetahuannya belum cukup. Saya jelaskan, ingat Prinsip Siracusa dan Konstitusi HAM bahwa “HAM itu hilang atau dibatasi ketika Keputusan Pengadilan (termasuk MK)  dan UU sudah mengaturnya, kecuali yang menyangkut Hak Hidup, tidak disiksa dan hak untuk beribadah. Kalau konteksnya kebebasan berekspresi atau berpendapat, itu sudah pasti hilang setelah ada putusan UU yang berkekuatan hukum tetap," jelas Pigai.

Ia juga meminta publik tidak terkecoh dengan narasi Bivitri yang menganggap dia seakan-akan tidak memahami HAM.

"Saya cuma mau bilang, pada ahli-ahli kita agar terus belajar memperbanyak ilmu sehingga tidak salah memberikan pendapat. Saya bisa ajarkan juga koq, jangan gengsi," pungkas Pigai.

KEYWORD :

Hak Asasi Manusia Natalius Pigai Bivitri Susanti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :