Jum'at, 10/05/2024 14:53 WIB

Ada Pemberontakan dalam Partai Demokrat terhadap Cara Biden Tangani Perang Gaza

Ada Pemberontakan dalam Partai Demokrat terhadap Cara Biden Tangani Perang Gaza

Para pengunjuk rasa melakukan protes di dalam Rockefeller Center yang meminta gencatan senjata di Gaza, di tengah kota Manhattan, di New York, AS 26 Februari 2024. Foto: REUTERS

DEARBORN - Besarnya kemarahan Partai Demokrat atas cara Presiden Joe Biden menangani perang Gaza telah membuat kampanyenya lengah. Hal itu juga dapat menekan dukungan pada pemilu November, menurut wawancara Reuters dengan lebih dari selusin pejabat senior partai dan lima lusin pemilih dan aktivis.

Gedung Putih memperkirakan kerusuhan Partai Demokrat atas Gaza akan mereda ketika Biden melanjutkan kampanyenya melawan calon dari Partai Republik Donald Trump, kata para pejabat.

Sembilan bulan sebelum pemilu, permasalahan ini semakin memburuk ketika penolakan Biden terhadap seruan gencatan senjata permanen terus memicu kemarahan dalam koalisi pemilih yang mendorong kemenangannya pada tahun 2020, mulai dari warga kulit hitam Amerika, aktivis Muslim di Michigan, hingga pemilih muda, menurut wawancara.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa mayoritas anggota Partai Demokrat terpecah mengenai dukungan vokal Biden terhadap Israel sejak serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 warga Israel. Beberapa orang Yahudi Amerika, yang sebagian besar memilih Demokrat, mendukung Biden, yang menyatakan dirinya sebagai Zionis.

Banyak pemuda Demokrat dan warga kulit berwarna menentang pendekatannya, karena merasa terganggu dengan meningkatnya angka kematian akibat pembalasan Israel di Gaza yang mencapai 29.700 orang, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Bagian penting dari koalisi ini tampak kecewa, dan marah.
Dalam kontes pencalonan Partai Demokrat di Michigan pada hari Selasa, aktivis Arab-Amerika yang mendukungnya pada tahun 2020 telah bersumpah untuk menahan dukungan mereka, dan mendesak para pemilih utama untuk memeriksa “tidak berkomitmen” di kotak suara sebagai uji lakmus awal tentang bagaimana penanganan Biden terhadap Gaza dapat merugikannya. dalam keadaan berayun.

Berharap untuk mengatasi rasa frustrasi mereka, para pejabat pemerintahan Biden bertemu pada 8 Februari dengan para pemimpin komunitas Arab-Amerika di Michigan, dan mengadakan pertemuan tambahan yang sebelumnya tidak dilaporkan di negara bagian tersebut, kata dua sumber yang mengetahui langsung pertemuan tersebut.

Peserta diminta untuk tidak mempublikasikan rinciannya. Para pejabat pemerintah membahas bantuan kemanusiaan untuk Gaza dan mencatat bahwa Biden secara terbuka lebih kritis terhadap Israel, kata sumber tersebut.

Dalam percakapan pribadi, para pejabat mengatakan Biden dan beberapa penasihat terdekatnya tetap menentang seruan gencatan senjata permanen, meskipun ada tekanan internal untuk mengubah arah, kata salah satu sumber dan tiga orang lainnya.

Menanggapi pertanyaan dari Reuters, juru bicara kampanye Biden Seth Schuster mengatakan: "Presiden berupaya untuk mendapatkan setiap suara dan tim kampanye kami akan terus terlibat langsung dengan para pemilih dalam berbagai isu," termasuk mengenai "perdamaian abadi di Timur Tengah."

Gedung Putih pada pertengahan Februari mengusulkan resolusi gencatan senjata sementara di Dewan Keamanan PBB, namun memveto tindakan yang menyerukan gencatan senjata permanen. Biden mengatakan pada hari Senin bahwa dia berharap untuk melihat gencatan senjata sementara untuk membebaskan sandera dalam waktu seminggu, meskipun Hamas dan Israel tampak berbeda pendapat dalam pembicaraan.

Di Wisconsin, negara bagian lain yang masih belum stabil, para aktivis Partai Demokrat merencanakan demonstrasi mengenai sikap Biden terhadap Gaza, kata Heba Mohammad, direktur penyelenggara digital kampanye Biden pada tahun 2020 yang kini mengorganisir protes terhadap Biden.

Di luar pertarungan pemilu, perang ini telah membuka perpecahan di basis Partai Demokrat. Kemenangan Biden dalam kampanye presiden tahun 2020 didukung oleh pemilih baru, aktivis kulit hitam, dan tokoh Demokrat progresif lainnya. Kelompok-kelompok tersebut membanjiri media sosial, menyediakan layanan telepon, dan mengetuk pintu selama pandemi untuk membalikkan negara bagian Rust Belt yang dimenangkan Trump pada tahun 2016, terkadang dengan selisih yang tipis.

Beberapa orang Amerika berkulit hitam telah menyatakan solidaritasnya dengan warga Palestina dan melihat perjuangan mereka sebagai cerminan dari pengalaman penindasan yang mereka alami. Beberapa generasi Z dan pemilih milenial dari Partai Demokrat, yang memilih Biden dalam jumlah besar pada tahun 2020, melihat perang Gaza sebagai bukti bahwa suara mereka tidak didengar di Washington.

Meskipun tidak satu pun dari lima lusin anggota Partai Demokrat yang diwawancarai oleh Reuters mengatakan mereka akan mendukung Trump, setengahnya mengatakan mereka sedang mempertimbangkan untuk tidak ikut pemilu atau memilih pihak ketiga.

Tim kampanye Biden telah mengakui kekhawatiran tersebut. Namun hal ini menunjukkan bukti antusiasme Partai Demokrat, seperti perolehan rejeki nomplok baru-baru ini. Pekan lalu, tim kampanyenya dan sekutu Partai Demokrat mengatakan mereka mengumpulkan lebih dari $42 juta pada bulan Januari dan memiliki uang tunai $130 juta untuk kemungkinan kontes melawan Trump.

Namun, tim kampanye Biden dikejutkan oleh besarnya kemarahan dan frustrasi terhadap Israel dan kebijakan lainnya, menurut sekitar selusin pejabat kampanyenya, Gedung Putih dan Partai Demokrat. “Kami lebih dirugikan daripada yang kami perkirakan” karena dukungan Biden terhadap Israel, kata seorang penasihat kampanye senior.

Mitch Landrieu, salah satu ketua kampanye, mengakui bahwa masalah ini “sulit” namun mengatakan tim kampanye punya waktu untuk menghilangkan kekhawatiran. “Anda bisa mengharapkan adanya penjangkauan yang sangat, sangat agresif kepada semua pemilih, khususnya pemilih muda, mengenai semua masalah ini,” katanya kepada Reuters saat kunjungan kampanye ke Flint, Michigan.

“Presiden – dan kita harus mengikuti jejaknya dalam hal ini – dia telah berkali-kali mengatakan, dia tidak memikirkan hal ini dalam kaitannya dengan pemilu. Dia memikirkan hal ini dalam kaitannya dengan hal yang benar untuk dilakukan,” kata Landrieu.

Meremehkan kekhawatiran ini bisa jadi sebuah kesalahan, kata beberapa ahli strategi Partai Demokrat.
“Ini benar-benar berbahaya,” kata James Zogby, pendiri Arab American Institute dan anggota lama Komite Nasional Partai Demokrat. Mantan calon presiden dari Partai Demokrat, Al Gore dan Hillary Clinton, keduanya dikalahkan setelah mengabaikan tanda-tanda peringatan di dalam partai mereka sendiri. “Kami melihatnya pada tahun 2000, kami melihatnya pada tahun 2016,” kata Zogby.

Di Michigan, protes yang didorong oleh aktivis politik Arab-Amerika dan Muslim mengancam akan membayangi pemilihan pendahuluan pada hari Selasa. Para penyelenggara gerakan “tanpa komitmen” ini mengupayakan gencatan senjata permanen di Gaza dan mengakhiri bantuan militer AS kepada Israel dalam sebuah kampanye yang disukai oleh para pemilih muda dan orang-orang kulit berwarna dari berbagai agama dan latar belakang.

Taruhannya tinggi. Michigan adalah rumah bagi lebih dari 300.000 pemilih Arab-Amerika dan Muslim, dan memiliki jumlah pemilih muda tertinggi secara nasional, berusia 18 hingga 29 tahun, pada pemilu paruh waktu tahun 2022. Biden memenangkan negara bagian itu dengan selisih kurang dari 155.000 suara pada tahun 2020.

Emgage Action dan Listen to Michigan, kelompok yang dipimpin oleh para aktivis Muslim, bertujuan untuk meyakinkan setidaknya 10% pemilih utama Partai Demokrat di Michigan untuk memilih “tanpa komitmen”, sebuah selisih yang secara simbolis signifikan yaitu sekitar 10.000 suara – hampir sama dengan kekalahan Hillary Clinton dari Trump pada tahun 2016. Michigan.

Bagi sebagian orang, ini bersifat pribadi. “Saya bahkan tidak tahu apakah Biden memandang rakyat saya atau darah saya sebagai darah manusia yang sebenarnya,” kata Abdualrahman Hamad, dokter mata keturunan Palestina-Amerika di Detroit. Hamad mengatakan 30 anggota keluarga besarnya telah terbunuh di Gaza bulan ini. Dia mengatakan dia mendukung Biden pada tahun 2020 tetapi telah melakukan ratusan panggilan telepon untuk meyakinkan pemilih agar menahan suara mereka pada hari Selasa.

Meskipun Biden menjadi lebih kritis terhadap pembalasan Israel di Gaza ketika konflik terus berlanjut, ia tidak menyerukan gencatan senjata segera dan permanen atau memblokir pendanaan ke Israel, sebuah langkah yang menurut puluhan pemilih kepada Reuters diperlukan untuk memenangkan kembali dukungan mereka.

“Yang saya inginkan adalah orang-orang di sekitar Presiden Biden memahami kampanye ini, dan mengatakan kepadanya bahwa jika dia tidak mengambil pendekatan yang berbeda, dia akan kehilangan pemilih penting di Michigan yang akan menyerahkan Trump sebagai presiden,” kata Abbas Alawieh, mantan staf senior Kongres yang kini menjadi ahli strategi Partai Demokrat di Michigan.

Di luar Michigan, gereja dan aktivis kulit hitam menuntut Biden mendorong gencatan senjata. Beberapa orang, seperti Celine Mutuyemariya, seorang aktivis politik kulit hitam di Kentucky, mengatakan bahwa mereka merasa dikhianati.

“Kalau soal memperjuangkan konstituennya, daerah pemilihan yang menobatkannya pada tahun 2020, dia telah sepenuhnya meninggalkan kami,” katanya.

Mutuyemariya mengatakan dia memilih Biden pada tahun 2020 dan meyakinkan orang lain untuk mendukungnya setelah polisi membunuh Breonna Taylor pada Maret 2020, seorang wanita kulit hitam yang pembunuhannya memicu protes keadilan rasial. Mutuyemariya kembali menyaksikan warga kulit hitam Amerika lainnya – George Floyd – dibunuh oleh polisi di Minneapolis pada Mei 2020, yang memicu tuntutan akan akuntabilitas polisi.

Kentucky bukanlah negara bagian yang rentan, namun Mutuyemariya telah menghabiskan empat tahun terakhir membangun kekuatan politik kulit hitam di sana sebagai direktur Koalisi Aksi Kepemimpinan Kulit Hitam di Kentucky. Jika gencatan senjata tidak tercapai, Mutuyemariya tidak yakin apakah dia akan kembali mendukung Biden. “Jika dia tidak bisa memahami penderitaan rakyat Palestina, dia tidak akan pernah bisa memahami penderitaan orang kulit hitam Amerika atau orang kulit hitam pada umumnya di AS,” kata Mutuyemariya.

Sebagai daerah pemilihan Demokrat yang paling setia, para pemilih kulit hitam memainkan peran besar dalam mengirim Biden ke Gedung Putih pada tahun 2020. Sebagai imbalannya, banyak yang berharap dia mendapatkan perlindungan federal terhadap undang-undang pemungutan suara lokal yang membatasi, reformasi kepolisian dan peradilan pidana, serta keringanan utang pinjaman mahasiswa.

Upaya Biden dalam mengatasi masalah ini telah dihalangi atau dibatasi oleh Partai Republik di Kongres. Biden telah meminta para pemilih untuk membiarkan dia "menyelesaikan pekerjaannya" pada masa jabatan kedua. Kampanyenya mengatakan pemerintah menciptakan ledakan kekayaan bagi warga kulit hitam Amerika, membuka tab baru, mencapai tingkat pengangguran kulit hitam terendah dalam sejarah dan mengurangi kemiskinan anak ke titik terendah dalam sejarah, sambil menekankan hak memilih, akuntabilitas polisi, dan kesetaraan kesehatan.

Tetapi Selusin pemilih kulit hitam, politisi, advokat, dan pemimpin hak-hak sipil mengatakan kampanye Biden tampaknya tidak berhubungan dengan pemilih mengenai Gaza, ekonomi, dan isu-isu lainnya.

Movement for Black Lives, sebuah koalisi nasional yang terdiri dari lebih dari 150 organisasi yang dipimpin oleh orang kulit hitam, membantu mengorganisir pemilih kulit hitam pada tahun 2020. Namun pada tahun pemilu ini, banyak pemilih yang merasa kecewa, kata Rukia Lumumba, salah satu direktur proyek keadilan pemilu.

“Mereka kecewa dengan proses pemilu, proses pemilihan presiden, dan mereka hanya merasa seolah-olah kita terus-menerus harus memilih di antara dua contoh yang buruk,” kata Lumumba. “Kami secara konsisten diandalkan sebagai landasan untuk menjaga demokrasi kami tetap hidup, atau untuk mencegahnya agar tidak runtuh.”

Kekecewaan tersebut juga dirasakan oleh sebagian generasi Z dan pemilih milenial dari Partai Demokrat, yang jumlahnya mencapai rekor tertinggi untuk memilih Biden pada tahun 2020, menurut wawancara Reuters dengan sekitar dua lusin pemilih Gen Z dan milenial di negara bagian swing states dan dengan para pemimpin enam kelompok akar rumput nasional.

Milenial Amerika dan Generasi Z menyumbang 31% dari 155 juta pemilih pada pemilu tahun 2020, naik dari 23% pada tahun 2016, demikian temuan kelompok riset Partai Demokrat, Catalist. Generasi Z, mereka yang lahir antara tahun 1997-2002, dan generasi milenial, yang lahir antara tahun 1981-1996, lebih memilih Biden dibandingkan Trump dengan selisih yang lebih besar dibandingkan kelompok lainnya, menurut Pew Research Center yang non-partisan.

Gen-Z for Change, influencer online yang menggunakan nama TikTok untuk Biden pada tahun 2020, dan Sunrise Movement, sebuah organisasi aktivis iklim pemuda, termasuk di antara kelompok yang memperingatkan Gedung Putih dalam surat prob pada bulan November. mereka merekrut sukarelawan untuk pemilu 2024, dan menyalahkan “kekejaman yang dilakukan dengan dana pajak kami, dengan dukungan Anda” di Gaza.

Gen-Z untuk Perubahan dan Gerakan Matahari Terbit tidak pernah mendapat tanggapan, kata juru bicara mereka. Ketika ditanya mengenai hal ini, salah satu ketua kampanye Biden, Landrieu, mengatakan kampanye presiden masih dalam tahap awal.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Joe Biden Kelompok Muslim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :