Senin, 29/04/2024 07:43 WIB

Organda DKI Minta Pemda Tegas dalam Tegakkan Hukum Angkutan Online

Musyawarah Daerah Organda DKI Jakarta, Senin (26/2/2024). Foto: dok. jurnas

JAKARTA, Jurnas.com - Ketua Dewan Pimpinan  Daerah (DPD ) ORGANDA DKI Jakarta Shafruhan Sinungan, meminta pemerintah DKI Jakarta tegas dalam penegakkan hukum atau law enforcement angkutan bebasis aplikasi (on line), angkutan tidak berizin, serta  percepatan revitalisasi bus sedang untuk  masuk jalur busway.

“Kami juga memintga Pemerintah DKI Jakarta, percepatan realisasi Jak Lingko  yang saat ini baru 50 persen dari  target,” kata Shafruhan Sinungan dalam acara  Musyawarah DPD Organda DKI di Jakarta, Senin (26/02/2024).

Shafruhan juga menegaskan, untuk mendapat pengemudi  profesional berbasis keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang dengan memberikan  sertifikasi secara gratis.

“Tidak kalah penting  soal peran PT Transjakarta menjalankan fungsi operator, agar tidak tumpang tindih dengan kebijakan Dinas Perhubungan,” katanya.

Sementara beberapa  moda angkutan yang perlu perhatian khusus karena  kondisi angkutan umum ini sangat memprihatinkan adalah Angkutan Lingkungan (Bajai) dan angkutan bus sedang

“Saat ini kondisi beberapa angkutan umum di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) mengalami kesulitan, terutama berawal dari dampak Covid-19. Ada yang mati suri, malah ada juga mati betulan,” ungkap Shafruhan.

Menurut Shafruhan, Musda DPD Organda DKI Jakarta bertajuk “Meningkatkan Peran Organda DKI Jakarta untuk Optimalisasi Kinerja dan Kualitas  Layanan Angkutan Umum Berkeselamatan Terintegrasi Berbasis Tehnologi Serta Ramah Lingkungan.”

Tema tersebut sengaja dipilih sebagai gambaran umum angkutan umum di Provinsi DKI Jakarta, sebagai sasaran untuk mewujudkan kemajuan angkutan umum yang lebih baik. Juga untuk meningkatkan peran, kinerja dan kualitas  manajemen pelayanan angkutan umum yang berkeselamatan, dengan meningkatkan kualitas layanan secara professional dan terintegrasi.

Pada kesempatan tersebut Shafruhan memberikan catatan khusus soal angkutan lingkungan (Bajai) yang saat ini kondisinya ibarat hidup segan mati tak mau.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang diwakili Syaripudin dalam sambutannya mengatakan, bahwa Organda sebagai mitra seiring  dinas  harus tetap  memberikan pelayanan yang terbaik bagi  penumpang angkutan umum.

"Saya yakin tidak ada pemerintah yang menyengsarakan rakyat, oleh karena  itu bila ada penindakan petugas dilapangan, semua demi  keselamatan pengusaha dan pengguna jasa angkutan umum,"  tegas Syaripudin.

KEYWORD :

Organda DKI Angkutan Online




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :