Senin, 20/05/2024 13:13 WIB

Cek Fakta: Salah, Video Prabowo Dukung Anies di Pilpres 2024

Cek Fakta: Salah, Video Prabowo Dukung Anies di Pilpres 2024

Cek Fakta: Salah, Video Prabowo Dukung Anies di Pilpres 2024. (Foto: CekFakta)

Jakarta, Jurnas.com - Tersebar sebuah video di platform TikTok yang menarasikan bahwa Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, akhirnya sadar dan mendukung Anies Baswedan untuk menjadi Presiden Republik Indonesia di tahun 2024 demi NKRI.

Video berdurasi 1 menit yang diunggah akun TikTok subyan480048184417 itu merupakan video Prabowo yang sedang berpidato dan menyampaikan akan memenangkan Anies.

Tentu saja video tersebut bakal mengejutkan publik, mengingat Prabowo merupakan salah satu kontestan yang kini berpasangan dengan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Hasil Verifikasi dan Penjelasan

Setelah ditelusuri tim Cek Fakta, video yang diklaim bahwa Prabowo mendukung Anies pada Pilpres 2024 itu tidak benar atau salah. Memang benar Prabowo dalam video tersebut menyatakan dukungan dan hendak memenangkan Anies, akan tetapi itu adalah pernyataan pada tahun 2017 lalu, dalam konteks Pilkada DKI Jakarta. Di mana saat itu Anies diusung oleh partai Gerindra melawan petahana.

Lebih detailnya, berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, ditemukan video yang identik dengan postingan TikTok pada kanal Youtube KOMPAS TV berjudul “Prabowo Minta Kader Gerindra Dukung Anies-Sandi” yang diunggah pada 8 Januari 2017. Video di TikTok sama dengan video di YouTube pada detik ke 31 dalam video YouTube. Jika disimak dalam video tersebut Prabowo menyatakan dukungannya kepada Anies pada Pilkada DKI Jakarta bukan pada pilpres 2024. Video tersebut merupakan video saat rapat akbar yang digelar di JIExpo Kemayoran.

Kesimpulan

Dengan demikian, berdasarkan penulusuran Cek Fakta, video yang diunggah di laman TikTok dengan narasi bahwa Prabowo Subianto mendukung Anies Baswedan untuk menjadi presiden 2024  tidak benar.

Video tersebut merupakan video dukungan Prabowo Subianto kepada Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta bukan pada Pilpres 2024.

Sumber: 

https://cekfakta.com/focus/15745

https://www.youtube.com/watch?v=PQRX9zpv5gc

KEYWORD :

Prabowo Cek Fakta Video Hoaks -Subianto Anies Baswedan Pilpres 2024 Berita hoaks Pemilu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :