Senin, 06/05/2024 14:57 WIB

5 Langkah Pendaftaran SNPDB Madrasah Unggulan

Pendaftaran dibuka hingga 17 Februari 2024 melalui website. Berikut ini lima langkah pendaftaran yang harus dilakukan peminat:

Siswi MAN Insan Cendekia sedang meneliti (Foto: Dok. Pendis Kemenag)

Jakarta, Jurnas.com - Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) telah dibuka. Tahun ini, jumlah peminat membludak. Panita mencatat sudah 5.310 peserta mendaftarkan diri.

SNPDB dibuka untuk 37 madrasah unggulan yang tersebar di seluruh Indonesia, yakni 24 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, 11 MAN Program Keagamaan (MAN PK), dan dua MA Kejuruan Negeri (MAKN).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag), Muchammad Sidik Sisdiyanto menyebut tingginya pendaftar menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap madrasah.

"Saya senang dan mengapresiasi antusiasme pendaftaran SNPDB 2024," kata Sidik dikutip dari laman web Kemenag pada Jumat (12/1).

Terdapat beberapa tahap seleksi yang harus dilewati pendaftar, yakni seleksi berkas, tes psikotes bagi pendaftar jalur prestasi, dan CBT (computer-based test) bagi pendaftar jalur tes.

"Dilakukan beberapa tahap tes untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan, serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi," terang dia.

Dia menambahkan, pendaftaran dibuka hingga 17 Februari 2024 melalui website. Berikut ini lima langkah pendaftaran yang harus dilakukan peminat:

1. Membuat akun SNPD untuk memulai proses pendaftaran;

2. Memilih jalur pendaftaran yang tersedia, yaitu jalur prestasi dan jalur tes yang disesuaikan dengan persyaratan;

3. Memilih dua madrasah tujuan yang ada di daftar;

4. Mengunggah berkas persyaratan sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih;

5. Menyelesaikan pendaftaran agar berkas diproses verifikasi.

KEYWORD :

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru SNPDB Madrasah Kemenag




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :