Selasa, 14/05/2024 17:51 WIB

Keluarga Merasa Lukas Enembe Meninggal Akibat Perlakuan Hukum yang Tidak Adil

Keluarga dari Almarhum Lukas Enembe masih berduka dan menyayangkan proses hukum yang dijalankan

Elius Enembe adik kandung Lukas Enembe. (Foto: Jurnas/Dok Keluarga/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Keluarga dari Almarhum Lukas Enembe masih berduka atas kepergian Mantan Gubernur Papua tersebut. Lukas yang meninggal dalam proses hukum tersebut menjadi pukulan berat untuk keluarga yang sampai saat ini  masih sangat sulit diterima.

Pihak keluarga melalui Elius Enembe adik dari Lukas Enembe menyayangkan, dalam proses hukum yang dijalankan Lukas, pihaknya sama sekali tidak mendapatkan perlakuan yang adil tanpa pertimbangan Hak Asasi Manusia (HAM). Aspek-aspek kemanusiaan sama sekali tidak menjadi pertimbangan sehingga patut diduga meninggalnya Lukas Enembe adalah bagian dari skenario untuk menghabisi Lukas.

"Sampai saat ini kami bersama masyarakat Papua merasakan dukacita amat dalam. Kepergian Bapa terus terang menjadi pukulan berat untuk kami. Kami merasakan luka bukan karena apa-apa, tetapi karena kami merasa bahwa kami diperlakukan tidak adil sejak Bapak melalui proses hukum ini," kata Elius Enembe, baru-baru ini.

Disampaikan Elius, pihaknya mendapat begitu banyak pertanyaan dari masyarakat perihal meninggalnya Lukas. Dalam kesempatan tersebut keluarga hanya bisa mengatakan bahwa apa yang menimpa Lukas adalah akibat dari perlakuan penegak hukum yang tidak adil terhadap Lukas.
"Itulah yang kami rasakan. Bahwa kami tidak mendapatkan keadilan, Pak Lukas dia diperlakukan diskriminatif yang akhirnya kita semua tahu akhir dan ujungnya, Pak Lukas meninggal di tangan penegak hukum. Ini pukulan berat dan sulit untuk diterima," ungkap Elius.

Baginya, apa yang menimpa Lukas adalah tanda dan bukti yang sangat jelas dari perlakuan tidak adil. Berkali-kali lanjut dia, keluarga meminta agar Lukas diberi izin untuk berobat ke luar negeri namun tidak diberikan. Justru Lukas mendapat serangan opini yang luar biasa dengan berbagi tudingan miring.

"Sungguh sangat disesalkan bahwa kami jadi tahu bahwa sesungguhnya keadilan itu memang sangat jauh kami dapatkan. Kalau saja penegak hukum berlaku adil, tentu Bapak dia akan selamat," tukasnya.

Bukan hanya itu, Lukas juga melewati proses hukum ini dalam keadaan sakit berat bahkan dipaksa ditahan bersama tahanan lain yang sehat dan normal. Berkali-kali keluarga meminta agar Lukas jadi tahanan kota supaya fokus berobat tetapi tidak diindahkan. Hal lain lanjut dia, Lukas dihadirkan di hadapan persidangan dalam keadaan sakit berat, seakan tidak ada pertimbangan kemanusiaan.

"Jadi bagaimana masyarakat Papua saat ini percaya bahwa tidak ada skenario untuk membuat Bapak meninggal? Faktanya sejak awal Bapak diperlakukan sangat tidak manusiawi. Ini yang saat ini masyarakat Papua alami sebagai bentuk protes dan pemberontakan," pungkasnya.

KEYWORD :

Elius Enembe Lukas Enembe Meninggal Dunia Perlakuan Hukum Tidak Adil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :