Senin, 29/04/2024 10:43 WIB

Ikuti Jejak Ronaldinho, Anak Ini Tembus Timnas U-16

Terpilihnya menjadi salah satu pemain timnas u-16 membuatnya sangat bangga. Pasalnya, ia tak menyangka remaja berasal dari Mapilli Barat, sebuah desa pelosok di kabupaten Pol-Man.

Andi Irvan

Jakarta - Siapa tak kenal Ronaldo Assis de Moreira, yang lebih dikenal dengan panggilan Ronaldinho, salah satu pemain legenda Brazil. Ronaldinho dua kali mendapat penghargaan pemain terbaik dunia pada 2004 dan 2005. Ternyata, kelihaiannya dalam bermain bola lahir dari sepakbola pasir, hingga membawanya menembus tataran pemain Top Dunia.

Nampaknya jejak mantan Pemain Barcelona itu memiliki kemiripan dengan salah satu pemain timnas U-16, Andi Irvan yang juga mengawali minatnya dalam sepakbola dari bola pasir. Pemain yang kerap disapa ippang ini merupakan pemain satu-satunya perwakilan dari tanah Sulawesi berhasil terpilih dalam 30 pemain timnas U-16 yang akan mewakili Indonesia dalam kejuaraan AFF U-16 9-22 juli mendatang di Thailand.

Remaja asli Polewali Mandar, Sulawesi Barat itu awalnya hanya memulai bermain bersama teman-temannya di pinggir sungai Mapilli Barat bersama teman-temannya. Namun, bakatnya mulai diasah secara profesional ketika orang tuanya memilih untuk memasukkannnya ke sekolah sepak bola yang di daerah tersebut.

Masuk SSB ternyata mampu menumbuhkan bakat sepakbola Irvan, terbukti setelah ikut SSB ia sering membawa timnya beberapa kali menjuarai perlombaan skala lokal. Bahkan, terkadang terpilih menjadi top skor, karena ia merupakan pemain yang gesit dan memiliki naluri gol yang tinggi.

Terpilihnya menjadi salah satu pemain timnas u-16 membuatnya sangat bangga. Pasalnya, ia tak menyangka remaja berasal dari Mapilli Barat, sebuah desa pelosok di kabupaten Pol-Man yang bahkan tak memiliki lapangan bola bisa lolos dalam seleksi pemain timnas.

"Alhamdulillah, saya bahagia sekali bisa lolos timnas U-16, meski awalnya saya sangat kesulitan mengimbangi latihan disini, karena sangat berbeda ketika saya latihan di kampung," ungkap pemain 14 tahun itu kepada Jurnas.com

Kebahagiaan itu tak hanya dirasakan oleh Irvan, melainkan seluruh keluarga, kerabat, dan teman-teman juga merasakan hal yang sama. Bahkan menaruh harapan harapan besar agar pemain yang duduk di kelas dua SMP itu mampu mengharumkan nama Indonesia di ajang AFF nanti.

"Bakat anak itu memang sudah terlihat sejak kecil, dan terbukti sekarang ia bisa tembus timnas U-16. Itu adalah kebanggan buat masyarakat Sulawesi, khususnya warga Mapilli barat. Semoga dek Irvan, dkk bisa membanggakan masyarakat dan mengharumkan Indonesia di AFF nanti," ujar Muliadi, aktivis pemuda Sulawesi Barat.

Saat ini Irvan dan pemain Timnas U-16 lainnya menjalani pemusatan latihan di Cijantung dan akan beristirahat di Mess Kopassus, Senopati di bawah asuhan pelatih kepala Fakhri Husaini hingga 6 juli nanti sebelum bertandang ke Thailand.

KEYWORD :

Andi Irvan Timnas U-16 Sulawesi Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :