Senin, 13/05/2024 20:29 WIB

Cak Imin Sebut 1 Persen Dana IKN Bisa Bangun Jalan Seluruh Kalimantan

Cak Imin juga mengklaim 3 persen dari total dana pembangunan IKN bisa digunakan untuk membangun sekolah di penjuru Kalimantan.

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Hakarta, Jurnas.com - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengklaim 1 persen dari dana APBN yang hampir Rp500 triliun untuk IKN Nusantara bisa digunakan untuk membangun jalan di seluruh pulau Kalimantan.

Hal itu diungkapkan saat Cak Imin dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat 22 Desember 2023. Cak Imin mengatakan dirinya dan Anies Baswedan bakal mengerjakan proyek sesuai skala prioritas.

"Yang penting baca skala prioritas seluruh proyek besar yang ambil itu kalau hanya andalkan APBN hampir Rp500 triliun. Padahal 1 persen saja, untuk bangun jalan seluruh Kalimantan beres," kata Cak Imin.

Tak hanya itu, Cak Imin juga mengklaim 3 persen dari total dana pembangunan IKN bisa digunakan untuk membangun sekolah di penjuru Kalimantan.

Adapun pernyataan Cak Imin itu merupakan respons dari perkataan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang mengatakan APBN hanya membiayai 20 persen pembangunan IKN.

"Banyak yang gagal paham, gak semua pakai APBN. Yang pakai hanya 20 persen, sisanya investasi swasta dan luar negeri, ini yang banyak gagal paham," kata Gibran.

KPU menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada hari ini. Debat ini diselenggarakan di JCC pukul 19.00 WIB dengan melibatkan para cawapres.

Tema debat cawapres menampilkan beberapa bidang pembahasan, seperti ekonomi hingga infrastruktur.

Ketiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD akan menunjukkan kemampuan mereka dalam debat tersebut.

KEYWORD :

Cak Imin Cawapres Muhaimin Iskandar Anis Baswedan Debat Cawapres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :