Rabu, 15/05/2024 02:33 WIB

Driving Score, Fitur "Juri" Berkendara di Mitsubishi XFORCE

Bukan sekadar hiburan, fitur unik nan khas ini mampu menjadi juri saat pengemudi sedang memacu kendaraannya

Fitur driving score di Mitsubishi XFORCE (Foto: Muti/Jurnas.com)

Yogyakarta, Jurnas.com - Saat sedang berkendara, terkadang di benak pengemudi muncul pertanyaan cara menjadi seorang pengemudi yang baik di balik setir, supaya menciptakan kenyamanan bagi penumpang.

Keresahan ini dijawab oleh Mitsubishi Motors melalui fitur Driving Score yang tertanam di produk teranyarnya, Mitsubishi XFORCE. Cukup unik, karena fitur ini mampu menjadi juri saat pengemudi sedang memacu kendaraannya.

Direktur Product Strategy PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Hikaru Mii menjelaskan bahwa driving score memberikan penilaian untuk tiga variabel, yakni akselerasi, kemampuan menyetir (steering), serta pengereman (break).

"Kombinasi itu yang jadi nilai," papar Hikaru di sela-sela ajang test drive bertajuk `XFORCE Infinite Xcitement-Media Adventure 2023` di Yogyakarta pada Senin (4/12) lalu.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, membeberskan sejumlah tips agar pengemudi mendapatkan skor berkendara yang lebih baik. Pertama, meminimalisasi bantingan setir berlebihan serta peningkatan kecepatan secara konstan.

"Kalau kita nyetir lebih sedikit kita harus posisioning mobil ini sebaik mungkin di tikungan, karena less angle itu akan memberikan kenyamanan buat penumpang di dalam," kata Rifat.

Menurut dia, variabel gas, rem, dan steering merupakan tiga hal yang paling bisa dinikmati dan dirasakan oleh penumpang. Banyak pengemudi yang tidak sadar memainkan gas berlebihan sehingga membuat penumpang tidak nyaman.

"Sebenarnya kunci utama dari semuanya adalah reduction. Karena mobil itu pasti bisa disetir, tapi ada throttle control, dari situ kita harus tahu kapan angkat gas, kapan nekan pedal gas," tutur dia.

"Banyak yang salah masuk di gas di tengah tikungan di angkat kemudian diangkat lagi. Throttle control adalah yang paling utama," tambah Rifat.

Selain menunjukkan tiga variabel tersebut, driving score juga memberikan overall score atau skor rata-rata, yang bisa dijadikan acuan oleh pengemudi untuk melihat seberapa baik mereka menunggangi Mitsubishi XFORCE.

KEYWORD :

Driving Score Mitsubishi XFORCE PT MMKSI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :