Jum'at, 17/05/2024 13:48 WIB

Ada Fitur DS dan Drive Mode di Mitsubishi XFORCE, Apa Itu?

Brand Ambasador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan fitur DS memang bertujuan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat

Empat drive mode di Mitsubishi XFORCE (Foto: Muti/Jurnas.com)

Yogyakarta, Jurnas.com - Produk teranyar Mitsubishi Motors yang diluncurkan 10 Agustus 2023 lalu, Mitsubishi XFORCE, tak hanya tampil dengan desain futuristik. SUV Compact ini juga menyertakan sejumlah fitur unik yang membantu pengemudi lebih nyaman dalam berkendara.

Salah satunya ialah Drive Sport (DS) yang terletak di sisi tuas transmisi. Saat Jurnas.com mencoba fitur ini dalam ajang test drive bertajuk `XFORCE Infinite Xcitement-Media Adventure 2023` di Yogyakarta-Semarang, akselerasi XFORCE meningkat signifikan.

Brand Ambasador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan fitur DS memang bertujuan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat, sehingga pengendara dapat memacu kendaraan lebih kencang. Konsekuensinya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar dari biasanya.

"Di DS ini semuanya akan jadi lebih cepat. Semua akan ditahan lebih lama. Jadi kalau satu gigi belum sampai di RPM atas dia enggak gak akan oper ke gigi berikutnya," terang Rifat kepada awak media pada Senin (4/12) lalu.

"Dan begitu juga saat di turunan, gigi akan nahan. Tidak hanya tanjakan. Jadi di sini ada otak pintar yang memanipulasi gearbox untuk bereaksi lebih cepat," sambung dia.

Fitur unik lainnya ialah empat drive mode, yang terdiri dari normal, wet, gravel, dan mud. Pengendara dapat memilih keempat mode ini sesuai dengan kondisi medan. Wet diperuntukkan untuk hujan dan jalanan basah, gravel untuk medan berkerikil, dan muda untuk jalan non aspal dan basah.

Rifat menekankan bahwa keempat mode mengemudi ini tidak berhubungan dengan transmisi, namun berkaitan dengan steering throttle control, active yaw control (AYC), dan pengereman.

"Itu semua akan terkalibrasi untuk tindakan preventif yang kita lewati di jalan manapun," ujar dia.

Sebagai contoh, lanjut Rifat, ketika beralih ke mode wet maka throttle control akan mendorong gas lebih lambat dan memacu rem bereaksi. Sedangkan mode gravel membuat XFORCE lebih bertenaga di jalanan yang kurang mulus.

KEYWORD :

Drive Mode Mitsubishi XFORCE Fitur DS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :