Senin, 20/05/2024 13:13 WIB

Israel Terbitkan Peta, Konon untuk Tunjukkan Daerah yang Aman bagi Warga Gaza

Israel Terbitkan Peta, Konon untuk Tunjukkan Daerah yang Aman bagi Warga Gaza

Warga Palestina meninggalkan rumah mereka akibat serangan Israel di bagian timur Khan Younis di Jalur Gaza selatan, 1 Desember 2023. Foto: Reuters

YERUSALEM - Tentara Israel mengatakan bahwa dengan dimulainya kembali pertempuran, pihaknya telah menerbitkan peta yang memberi tahu warga Gaza mengenai daerah aman untuk evakuasi mereka.

Pernyataannya terkait dengan situs tentara Israel dalam bahasa Arab yang menunjukkan Peta Zona Evakuasi. Dikatakan bahwa video berbahasa Arab telah dirilis di jejaring sosial dan petanya didistribusikan oleh tentara di Gaza.

“Ini membagi wilayah Jalur Gaza menjadi wilayah-wilayah sesuai dengan wilayah yang dapat dikenali untuk memungkinkan penduduk Gaza menyesuaikan diri dan memahami instruksi, dan untuk mengungsi dari tempat-tempat tertentu demi keselamatan mereka jika diperlukan,” kata pernyataan itu.

Pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, pada kunjungan ketiganya ke Timur Tengah sejak perang dimulai pada 7 Oktober, mengatakan kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa kampanye Israel di Gaza selatan tidak boleh mengulangi hilangnya banyak nyawa warga sipil dan pengungsian yang terjadi selama Perang Gaza.

Blinken mengatakan dia telah menetapkan langkah-langkah yang jelas bagi Israel untuk meminimalkan korban sipil tetapi tidak mengatakan apakah dia yakin langkah tersebut akan diambil.

Israel melanjutkan operasi tempur melawan Hamas di Gaza pada hari Jumat setelah menuduh kelompok militan Palestina menembakkan roket ke Israel dan mengingkari kesepakatan untuk membebaskan semua perempuan yang disandera, dan melanggar perjanjian gencatan senjata sementara mereka.

Jeda selama seminggu telah memungkinkan terjadinya pertukaran puluhan sandera yang ditahan di Gaza dengan ratusan tahanan Palestina dan memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan ke jalur pantai tersebut.

Sebagian besar wilayah Gaza, yang berpenduduk 2,3 juta orang, menjadi gurun akibat serangan Israel sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober yang menurut Israel menyebabkan 1.200 orang tewas dan sekitar 240 orang disandera.

Pihak berwenang Gaza mengatakan pemboman Israel sejauh ini telah menewaskan lebih dari 15.000 orang di daerah kantong yang dikuasai Hamas.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Gencatan Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :