Senin, 29/04/2024 10:46 WIB

Pendiri OpenAI Gabung dengan Microsoft di Silicon Valley Usai Dipecat

Pendiri OpenAI Gabung dengan Microsoft di Silicon Valley Usai Dipecat

Sam Altman, CEO OpenAI, menghadiri KTT CEO Kerjasama Ekonomi Asiadi San Francisco, California, AS 16 November 2023. Foto: Reuters

SAN FRANCISCO - OpenAI menunjuk mantan bos Twitch Emmett Shear sebagai CEO sementara. Sedangkan impinan yang akan keluar, Sam Altman, akan bergabung dengan pendukung Microsoft (MSFT.O) dalam peristiwa mengejutkan bagi startup di jantung ledakan kecerdasan buatan.

Penunjukan tersebut, yang diselesaikan pada Minggu larut malam, menyusul kepergian Altman yang tiba-tiba beberapa hari sebelumnya sebagai CEO pembuat ChatGPT, dan mengakhiri spekulasi bahwa ia dapat kembali.

Dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X, Shear menepis spekulasi bahwa dewan OpenAI memecat Altman karena perselisihan mengenai keamanan model AI yang kuat. Dia berjanji untuk membuka penyelidikan atas pemecatan tersebut, mempertimbangkan tata kelola baru untuk OpenAI, dan melanjutkan jalurnya dalam menyediakan teknologi seperti chatbot viralnya.

“Saya tidak cukup gila untuk mengambil pekerjaan ini tanpa dukungan dewan untuk mengkomersialkan model kami yang luar biasa,” kata Shear, sambil menambahkan: “Stabilitas dan kesuksesan OpenAI terlalu penting untuk membiarkan gejolak mengganggu mereka seperti ini.”

Shear ikut mendirikan Twitch dan mengundurkan diri dari platform streaming video langsung milik Amazon.com awal tahun ini.

OpenAI memecat Altman pada hari Jumat menyusul "gangguan komunikasi", menurut memo internal yang dilihat oleh Reuters.

Altman adalah salah satu pendiri startup yang memulai kegilaan AI generatif setahun yang lalu dengan merilis ChatGPT, chatbot yang menjadi salah satu aplikasi perangkat lunak dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Kepala Eksekutif Microsoft Satya Nadella mengatakan dalam posting di X bahwa Altman akan menjadi CEO dari kelompok riset baru di dalam pembuat perangkat lunak, bersama dengan rekan-rekan OpenAI lainnya yang keluar seperti Presiden Greg Brockman yang berhenti setelah pemecatan Altman.

Microsoft telah menginvestasikan miliaran dolar pada OpenAI dan mempertaruhkan masa depannya pada startup tersebut, dengan merilis apa yang disebut kopilot AI kepada pelanggan bisnis berdasarkan teknologi OpenAI.

Pada Senin pagi, saham Microsoft diperdagangkan naik hampir 2% karena tampaknya meninggalkan permata mahkota OpenAI sambil bertujuan untuk menstabilkan OpenAI, menjauhkan talenta-talenta kunci dari tangan para pesaingnya termasuk Google Alphabet (GOOGL.O) dan Amazon.com ( AMZN.O).

“AI adalah peluang besar dan potensi ancaman bagi para pemimpin teknologi saat ini, sehingga Microsoft akan senang bisa memanfaatkan pengetahuan dan visi Altman serta mempersiapkan diri menghadapi era perubahan teknologi besar yang baru,” kata Russ Mould, direktur investasi di AJ Bell.

Microsoft telah mendukung kembalinya Altman ke startup tersebut, menurut sumber, sebuah langkah yang tampaknya mungkin terjadi hanya beberapa jam sebelum pengumuman hari Senin. Menggoda rekonsiliasi yang diharapkan dengan dewan OpenAI, Altman telah memposting gambar dirinya di X pada hari Minggu mengenakan lencana tamu OpenAI dengan judul: "pertama dan terakhir kali saya memakai salah satu dari ini."

Peneliti OpenAI memandang cadangan daya komputasi Microsoft yang besar sebagai hal yang penting untuk pengembangan mesin super cerdas. Nadella dan Shear mengatakan perusahaan mereka tetap berkomitmen terhadap kemitraan mereka, sementara sumber daya juga akan disalurkan ke grup baru Altman di Microsoft.

“Kami berharap dapat bergerak cepat untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan bagi keberhasilan mereka,” kata Nadella.

Dalam postingan terpisah di X, Altman membagikan pesan Nadella dengan kata-kata, "misi berlanjut".

Keputusan untuk tidak mengangkat kembali Altman sebagai pimpinan OpenAI mengacaukan upaya investor dan karyawan untuk memantapkan jalur startup. Mereka mengkhawatirkan eksodus besar-besaran para talenta dan dampaknya terhadap penjualan saham senilai $86 miliar di masa depan.

Tak lama setelah pengumuman internal mengenai penunjukan Shear, karyawan yang putus asa "keluar" dari kantor pusat OpenAI di San Francisco, The Information melaporkan.

Lusinan staf secara internal mengumumkan bahwa mereka keluar dari perusahaan pada Minggu malam, menurut laporan tersebut, mengutip seseorang yang mengetahui situasi tersebut. Beberapa pemimpin startup memposting di X pada hari Senin: "OpenAI tidak berarti apa-apa tanpa orang-orangnya."

Beberapa peneliti yang baru saja keluar, seperti Szymon Sidor, bergabung dengan upaya baru di Microsoft, kata Brockman, mantan Presiden OpenAI, dalam sebuah postingan di X.

Misi OpenAI untuk membangun teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia, dan para investor yang mendanai upaya tersebut, mengharapkan keuntungan finansial, kata analis Richard Windsor dari Radio Free Mobile.

“Akhir pekan ini hanyalah ledakan bom yang sudah menunggu untuk meledak,” katanya.

OpenAI adalah organisasi nirlaba. Dewan yang beranggotakan empat orang pada hari Jumat terdiri dari tiga direktur independen yang tidak memiliki ekuitas di OpenAI dan Kepala Ilmuwannya Ilya Sutskever.

"Saya sangat menyesali partisipasi saya dalam tindakan dewan. Saya tidak pernah bermaksud merugikan OpenAI. Saya menyukai semua yang telah kami bangun bersama dan saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk menyatukan kembali perusahaan," kata Sutskever dalam sebuah postingan di X.

KEYWORD :

OpenAI Twitch Emmett Shear Silikon Valley




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :