Senin, 20/05/2024 17:21 WIB

Amerika Sebut Israel Setuju Jeda Kemanusiaan, PM Netanyahu Membantah

Amerika Sebut Israel Setuju Jeda Kemanusiaan, PM Netanyahu Membantah

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengadakan konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv, Israel, 28 Oktober 2023. Foto via Reuters

GAZA - Gedung Putih mengatakan pada hari Kamis, 9 November 2023, bahwa Israel setuju untuk menghentikan operasi militer di bagian utara Gaza selama empat jam sehari, namun tidak ada tanda-tanda akan berhentinya pertempuran yang telah menghancurkan wilayah kantong tepi pantai tersebut.

Jeda tersebut, yang memungkinkan orang untuk melarikan diri melalui dua koridor kemanusiaan dan dapat digunakan untuk pembebasan sandera, merupakan langkah awal yang signifikan, kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dalam sebuah postingan di X pada hari Kamis bahwa Israel memiliki “kewajiban untuk membedakan antara teroris dan warga sipil dan sepenuhnya mematuhi hukum internasional.”

Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa jeda apa pun akan tercerai-berai, dan tidak ada konfirmasi resmi mengenai rencana jeda yang berulang.

Ditanya apakah akan ada "penghentian" dalam pertarungan g, Netanyahu mengatakan di Fox News Channel: "Tidak. Pertempuran terus berlanjut melawan musuh Hamas, teroris Hamas, tetapi di lokasi tertentu untuk jangka waktu beberapa jam di sini atau beberapa jam di sana, kami ingin memfasilitasi keamanan perjalanan warga sipil menjauh dari zona pertempuran dan kami melakukan itu."

Di wilayah utara Gaza, tidak ada laporan adanya jeda pertempuran. Masing-masing pihak melaporkan menimbulkan banyak korban di pihak lain dalam pertempuran jalanan yang intens.

Israel melancarkan serangannya sebagai respons terhadap serangan lintas perbatasan Hamas terhadap Israel selatan dari Gaza pada 7 Oktober yang menurut Israel 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, tewas dan sekitar 240 orang disandera. Israel mengatakan telah kehilangan 35 tentara di Gaza.

Pejabat Palestina mengatakan 10.812 warga Gaza telah tewas pada hari Kamis, sekitar 40% di antaranya anak-anak, akibat serangan udara dan artileri. Bencana kemanusiaan telah terjadi ketika persediaan dasar seperti makanan dan air habis dan penembakan membuat warga sipil terpaksa mengungsi dari rumah mereka.

Militer Israel mengatakan pihaknya memiliki bukti bahwa Hamas menggunakan Al Shifa dan rumah sakit lain seperti Rumah Sakit Indonesia untuk menyembunyikan pos komando dan titik masuk ke jaringan terowongan yang luas di bawah Gaza. Dikatakan bahwa mereka tidak menargetkan warga sipil, dan mereka mengizinkan beberapa warga sipil Palestina yang terluka untuk menyeberang ke Mesir untuk mendapatkan perawatan.

Namun kemajuan militer Israel di pusat Kota Gaza, yang membawa tank-tank dalam jarak sekitar 1,2 kilometer (3/4 mil) dari Al Shifa, menurut penduduk, telah menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Israel akan menafsirkan hukum internasional tentang perlindungan pusat-pusat medis dan pengungsi yang berlindung di sana.

Serangan udara mematikan terhadap kamp-kamp pengungsi, konvoi medis dan dekat rumah sakit telah memicu perdebatan sengit di antara beberapa sekutu Barat Israel mengenai kepatuhan militernya terhadap hukum internasional.

Konferensi di Paris, yang dihadiri oleh negara-negara Arab, negara-negara Barat, anggota G20 dan kelompok LSM seperti Doctors Without Borders, membahas langkah-langkah untuk meringankan penderitaan di Gaza, namun harapan terhadap pertempuran tersebut tetap rendah.

Presiden Emmanuel Macron, membuka konferensi dengan menyerukan jeda kemanusiaan: “Situasinya serius dan semakin buruk setiap hari,” katanya.

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh, yang Otoritas Palestinanya memiliki pemerintahan mandiri yang terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel tetapi diusir dari Gaza oleh Hamas pada tahun 2007, hadir pada konferensi tersebut. Israel tidak diundang.

“Berapa banyak warga Palestina yang harus dibunuh agar perang dapat dihentikan,” tanya Shtayyeh. “Apakah membunuh 10.000 orang dalam 30 hari cukup?”

KEYWORD :

Israel Palestina Gaza Dibombardir Kejahatan Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :