Senin, 20/05/2024 14:56 WIB

Israel Tuduh Hamas Jadikan Tempat Berlindung, RS Indonesia di Gaza Membantah

Israel Tuduh Hamas Jadikan Tempat Berlindung, RS Indonesia di Gaza Membantah

Pekerja medis membantu seorang warga Palestina di Unit Perawatan Intensif rumah sakit Nasser, di Khan Younis, di selatan Jalur Gaza, 26 Oktober 2023. Foto: Reuters

JAKARTA - Operator rumah sakit Indonesia di Gaza pada Senin membantah tuduhan militer Israel bahwa fasilitasnya telah digunakan oleh Hamas untuk melancarkan serangan.

Komentar tersebut merupakan tanggapan terhadap tuduhan militer Israel bahwa Hamas menggunakan rumah sakit, termasuk rumah sakit utama Gaza al-Shifa, Rumah Sakit Sheikh Hamad yang didanai Qatar dan sebuah rumah sakit yang dibangun oleh kelompok dari Indonesia, sebagai perlindungan untuk melindungi operasi bawah tanahnya.

“Kami membangun rumah sakit ini untuk membantu orang lain, sesuai dengan kebutuhan warga Gaza,” kata Sarbini Abdul Murad, ketua MER-C, sebuah kelompok relawan yang mengoperasikan rumah sakit di Indonesia.

“Tuduhan Israel merupakan prasyarat agar mereka dapat menyerang rumah sakit Indonesia di Gaza,” katanya dalam konferensi pers di ibu kota Indonesia, Jakarta.

Juru bicara militer Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa satu gambar satelit menunjukkan peluncur roket terletak di seberang jalan dari rumah sakit Indonesia.

Pejabat lain di MER-C mengatakan tidak ada terowongan di bawah rumah sakit dan tangki bahan bakar serta generator listriknya disimpan di gedung terpisah di dekatnya untuk alasan keamanan.

Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, telah menyerukan gencatan senjata segera dan telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Pejabat kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan lebih dari 9.770 warga Palestina telah tewas dalam perang tersebut sejak Hamas melancarkan serangan lintas batas pada 7 Oktober, menewaskan 1.400 orang dan menyandera lebih dari 240 orang.

KEYWORD :

Israel Palestina Gaza Dibombardir Kejahatan Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :