Selasa, 14/05/2024 03:02 WIB

Jika Tidak Ada Gencatan Senjata di Gaza, Muslim AS Ancam Tidak Ikut Pemilu

Jika Tidak Ada Gencatan Senjata di Gaza, Muslim AS Ancam Tidak Ikut Pemilu

Presiden AS Joe Biden dalam pertemuan dengan Dewan Penasihat Presiden bidang Sains dan Teknologi di San Francisco, California, AS, 27 September 2023. Foto: Reuters

WASHINGTON - Muslim Amerika dan beberapa aktivis Partai Demokrat mengatakan mereka akan berupaya memobilisasi jutaan pemilih Muslim untuk menahan sumbangan dan suara menjelang terpilihnya kembali Presiden Joe Biden pada tahun 2024 kecuali dia mengambil langkah segera untuk menjamin gencatan senjata di Gaza.

Dewan Nasional Demokrat Muslim, yang beranggotakan para pemimpin Partai Demokrat dari negara-negara bagian yang kemungkinan akan menentukan pemilu, seperti Michigan, Ohio, dan Pennsylvania, meminta Biden untuk menggunakan pengaruhnya dengan Israel untuk menengahi gencatan senjata pada pukul 17.00 waktu setempat. ET (21.00 GMT) pada hari Selasa.

Dalam surat terbuka bertajuk “Ultimatum Gencatan Senjata 2023,” para pemimpin Muslim berjanji untuk memobilisasi pemilih Muslim untuk “menahan dukungan, dukungan, atau suara bagi kandidat mana pun yang mendukung serangan Israel terhadap rakyat Palestina.”

“Dukungan tanpa syarat dari pemerintahan Anda, yang mencakup pendanaan dan persenjataan, telah memainkan peran penting dalam melanggengkan kekerasan yang menyebabkan korban sipil dan telah mengikis kepercayaan pada pemilih yang sebelumnya menaruh kepercayaan mereka pada Anda,” tulis dewan tersebut.

Mantan Perwakilan AS Keith Ellison, Jaksa Agung Minnesota dan Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres, dan Perwakilan Andre Carson dari Indiana adalah salah satu ketua pendiri organisasi tersebut.

Surat tersebut merupakan tanda terbaru meningkatnya kemarahan dan frustrasi di komunitas Arab dan Muslim Amerika atas kegagalan Biden mengutuk serangan Israel di Jalur Gaza setelah serangan militan Hamas dari Gaza pada 7 Oktober yang menurut para pejabat Israel menewaskan 1.400 orang dan menyandera 239 orang. .

Otoritas medis di Gaza pada hari Senin mengatakan 8.306 orang, termasuk 3.457 anak-anak, tewas dalam serangan udara dan darat Israel yang telah berlangsung selama tiga minggu.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Senin bahwa dia tidak akan menyetujui penghentian serangan terhadap Gaza. Juru bicara keamanan nasional AS John Kirby mengatakan, "Hamas adalah satu-satunya pihak yang akan memperoleh keuntungan dari hal ini saat ini."

Perwakilan Rashida Tlaib, seorang anggota parlemen Palestina-Amerika dari Minnesota, pada hari Senin merilis video berdurasi 90 detik di X, situs media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengecam dukungan Biden terhadap apa yang disebutnya sebagai “kampanye genosida Israel di Palestina,” menambahkan “Jangan ` tidak mengandalkan suara kami pada tahun 2024."

Basim Elkarra, direktur eksekutif Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) Sacramento Valley, mengatakan suara Muslim bisa menjadi sangat penting bagi Biden dalam upayanya mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua pada tahun 2024, mengingat bahwa 16 suara elektoral Michigan dimenangkan dengan selisih tipis. 2,6% pada tahun 2020.

Muslim Amerika di Minnesota, tempat Biden berencana berkunjung pada hari Rabu, pekan lalu mengeluarkan ultimatum gencatan senjata serupa, dengan batas waktu pada Selasa siang. Mereka mengatakan mereka merencanakan protes pada hari Rabu ketika presiden mengunjungi negara bagian mereka.

Tim kampanye terpilihnya kembali Biden belum memberikan komentar.

Biden mengadakan pertemuan pada Kamis lalu dengan sejumlah pemimpin Muslim, kata seorang pejabat Gedung Putih, seraya menambahkan bahwa para pejabat pemerintah terus bertemu dengan anggota komunitas Arab dan Muslim yang prihatin dengan cara Biden menangani krisis ini.

Meskipun ia menggambarkan dirinya sebagai presiden Zionis, Biden telah menunjuk lebih banyak orang Arab-Amerika dan Muslim untuk menduduki jabatan politik dibandingkan pendahulunya, serta dua hakim federal Muslim pertama.

Jaylani Hussein, direktur eksekutif CAIR di Minnesota, mengatakan para pemimpin Muslim Amerika di negara-negara bagian lain yang ikut serta dan penting bagi terpilihnya kembali Biden pada tahun 2024 akan mengajukan tuntutan serupa.

“Kami memperkirakan Wisconsin, Ohio dan negara bagian lain akan melakukan hal yang sama minggu ini,” kata Hussein.

Hussein mengatakan dia tidak punya pilihan selain memilih menentang Biden pada tahun 2024 kecuali dia menyerukan agar pertempuran dihentikan. Dia mengatakan dia berbicara sebagai individu, bukan atas nama CAIR.

Sekitar 70% Muslim Amerika mendukung Biden pada tahun 2020, kata Hussein.

Para pemimpin komunitas Muslim Amerika di Michigan, Ohio dan Wisconsin tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Ahmet Tekelioglu, direktur eksekutif CAIR di Philadelphia, mengatakan Muslim Amerika di negara bagian tersebut menyerukan gencatan senjata segera tetapi dia tidak mengetahui rencana untuk menetapkan tenggat waktu.

KEYWORD :

Israel Palestina Serangan Hamas Muslim Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :