Selasa, 14/05/2024 16:54 WIB

Puan Pastikan DPR Terus Jalankan Fungsi Pengawasan ke Pemerintah

DPR RI akan mendorong Kementerian dan Lembaga untuk bekerja responsif, terukur, berorientasi menyelesaikan masalah sehingga rakyat merasakan kehadiran Pemerintah dalam melindungi rakyat, mempermudah kehidupan rakyat dan mensejahterahkan rakyat.

Ketua DPR RI Puan Maharani (dua dari kiri). (Foto: Dok. Humas DPR RI)

Jakarta, Jurnas.com - DPR RI melalui Alat Kelengkapan Dewan (AKD) terus menjalankan fungsi pengawasan kepada Pemerintah.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menjelaskan, ada beberapa kebijakan, isu, dan permasalahan di berbagai bidang yang menjadi perhatian khusus DPR. Beberapa isu tersebut antara lain krisis pangan, dampak kekeringan dan krisis air bersih, kenaikan harga minyak dunia, kasus bullying.

Kemudian kasus cacar monyet, pembiayaan UMKM melalui fintech lending peer to peer (P2P) atau pinjaman online, dugaan penyalahgunaan dana pensiun di beberapa BUMN dan Kenaikan suku bunga BI rate menjadi sebesar 6 persen.

"DPR RI akan mendorong Kementerian dan Lembaga untuk bekerja responsif, terukur, berorientasi menyelesaikan masalah sehingga rakyat merasakan kehadiran Pemerintah dalam melindungi rakyat, mempermudah kehidupan rakyat dan mensejahterahkan rakyat," ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/10).

Di sisi lain, lanjut mantan Menko PMK ini, DPR pun memiliki serangkaian kegiatan diplomasi parlemen sebagai upaya meningkatkan hubungan kerja sama antar parlemen.

“DPR akan menjadi tuan rumah dan memimpin pertemuan 5 Ketua Parlemen negara ekonomi berkembang, yang terdiri dari Mexico, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia atau MIKTA,” terangnya.

Penyelenggaraan MIKTA Speakers Consultation ke-9 di Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2024, dengan tema “Memperkuat Multilateralisme dan Menjawab berbagai Tantangan Antar Generasi”.

Pada masa persidangan ini, Puan menyebut DPR juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan berbagai negara, yaitu Korea Selatan, Afrika Selatan, Polandia, serta Uni Eropa.

“DPR RI akan terus berupaya untuk dapat melaksanakan tugas diplomasi antar parlemen, sehingga Indonesia memiliki posisi politik luar negeri yang semakin kuat,” tandasnya.

 

KEYWORD :

Ketua DPR Puan Maharani PDIP Alat Kelengkapan Dewan pengawasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :