Selasa, 14/05/2024 05:50 WIB

BitHealth-InterSystems Jalin Kerja Sama Digitalisasi Layanan Kesehatan

Peter James Rampengan mengatakan, hingga saat ini, tidak sedikit rumah sakit di Indonesia masih menggunakan manual system, baik dalam menginput data atau mengolahnya. Hal itu, menurutnya berpotensi memicu human eror.

BitHealth-InterSystems Jalin Kerja Sama Digitalisasi Layanan Kesehatan. (Foto: Ist/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Perusahaan startup penyedia jasa digital BitHealth bekerja sama dengan perusahaan bagian pengelolaan info InterSystems guna meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang lebih merata, terintegrasi dan terdigitalisasi.

Chief of Sales and Marketing Officer BitHealth, Peter James Rampengan mengatakan, hingga saat ini, tidak sedikit rumah sakit di Indonesia masih menggunakan manual system, baik dalam menginput data atau mengolahnya. Hal itu, menurutnya berpotensi memicu human eror.

Selain itu, lanjut Peter, data di rumah sakit cukup banyak, namun belum terintegrasi dan terdigitalisasi. Sehingga hal itu berpotensi dapat menganggu layanan kesehatan dari segi efektivitas dan efesiensi.

“Rumah sakit di Indonesia (jumlahnya kurang lebih mencapai, red) 3000, datanya banyak. Ini perlu didigitalisasi. Kami berharap sebanyak mungkin menjangkau rumah sakit di seluruh Indonesia, agar layanan kesehatan lebih merata," kata Peter di Jakarta, Rabu (18/10).

Lebih lanjut, Peter mengatakan, digitalisasi di bagian kesehatan, terutama mengenai info di rumah sakit seperti info pasien dan rekam medis, memiliki dampak positif.

"Kalau tadinya (data dimasukkan manual) kudu butuh waktu sekian minggu alias sekian hari untuk mengumpulkan suatu info sampai bisa menghasilkan kajian dan untuk mendukung pengambilan keputusan. Dengan adanya solusi ini, tentu bakal jauh lebih mudah lantaran terintegrasi dan diakses real time (aktual)," katanya.

Karenanya, kata Peter, pihaknya berkolaborasi dengan InterSystems untuk membantu rumah sakit di Indonesia agar lebih mudah terkoneksi dengan program layanan kesehatan pemerintah.

“Kami (BitHealth) dengan Intersystem akan mempersiapkan sebuah data platform, untuk mempermudah rumah sakit bisa terkoneksi dengan Satu Sehat," ujarnya.

Dari segi keamanan, Peter memastikan, pihaknya mengikuti kebijakan dan peraturan Pemerintah Indonesia. Ia menyebutkan, BitHealth telah mengantongi sertifikasi ISO 27001 tentang manajemen keamanan informasi.

Sementara itu, Regional Managing Director APAC InterSystems Luciano Brustia menyampaikan, pihaknya bakal memastikan keamanan data-data rumah sakit, terutama yang menyangkut info pribadi pasien.

"Kami mempunyai standar keamanan yang berstandar internasional dan telah tersertifikasi. Kami siap sharing knowladge (berbagi pengetahuan), dan siap mendukung program Satu Sehat Pemerintah," kata Luciano.

 

KEYWORD :

Digitalisasi Layanan Kesehatan BitHealth InterSystems Peter James Rampengan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :