Sabtu, 27/04/2024 22:42 WIB

Ketua MPR Tegaskan Umat Islam Indonesia Komitmen pada Demokrasi

Umat Islam di Indonesia sangat berkomitmen pada sistem demokrasi. Perbedaan pendapat dihargai dan bisa disuarakan secara damai.

Ilustrasi umat Islam(foto: Antara)

Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Umat Islam di Indonesia sangat berkomitmen pada sistem demokrasi. Perbedaan pendapat dihargai dan bisa disuarakan secara damai.

Zulkifli menyontohkan, aksi damai 411 hingga 212 adalah bukti nyata bagaimana massa Islam turun ke jalan dengan damai untuk menyuarakan aspirasinya.

"Ini sudah sebuah bukti nyata bagaimana umat Islam di Indonesia ini komit pada Demokrasi ya. Tak ada anarkisme ataupun pemaksaan kehendak. Tapi menyuarakan aspirasi agar didengar," ujar Zulkifli.

Umat Islam Indonesia pun bisa menjadi contoh bagi negara lain di dunia dalam mengelola perbedaan pendapat. Bahkan beberapa negara secara langsung memuji Islam Indonesia yang taat beragama namun tetap damai dalam kebhinnekaan.

"Presiden Afghanistan, Iran, Malaysia dan negara Arab secara langsung menyampaikan kekagumannya terhadap Islam di Indonesia. Itu membuat kuta bangga dan harus dipertahankan," tegas Zulkifli

KEYWORD :

MPr Zulkifli Islam Demokrasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :