Senin, 20/05/2024 15:52 WIB

Gagasan Ganjar Pranowo Berantas Kemiskinan di Indonesia

Ganjar Pranowo menyampaikan gagasan dalam memberantas kemiskinan di Indonesia. Dimana, Ganjar ingin memberi progran satu keluarga miskin satu sarjana.

Capres PDIP, Ganjar Pranowo

Jakarta, Jurnas.com - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menyampaikan gagasan dalam memberantas kemiskinan di Indonesia. Dimana, Ganjar ingin memberi progran satu keluarga miskin satu sarjana.

Ganjar mengatakan, pendidikan yang merata bagi setiap warga negara termnasuk kepada keluarga yang tidak mampu, sehingga diyakini dapat memberantas kemiskinan.

"Kalo satu keluarga miskin, satu sarjana kita programkan apa yang terjadi? Dia akan menjadi penolong upah tulang punggung keluarganya," kata Ganjar, saat mengisi kuliah umum di Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/10).

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku senang karena saat ini banyak Kepala Daerah yang memperhatikan akses pendidikan gratis terutama bagi siswa yang kurang mampu. Menurutnya, langkah ini dapat menghadirkan satu keluarga satu sarjana.

"Sekarang mulai banyak Bupati, Wali Kota yang memberikan jaminan agar sekolahnya bisa gratis. Setidaknya kepada mereka yang tidak mampu," ungkapnya.

Menurutnya, dengan cara tersebut penuntasan kemiskinan pun dapat terlaksana. "Maka penuntasan kemiskinan akan secara sistematis. Itu membuktikan negara hadir," jelasnya.

Lebih lanjut, Ganjar menerangkan gagasannya bukan tanpa alasan. Hal ini karena ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, ia menghadirkan sekolah SMKN gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Mereka langsung siap bekerja dan kini menjadi tulang punggung keluarga," bebernya.

Selain itu, Ganjar pun mengaku optimis bisa mewujudkan hal tersebut menjadi program nasional. Akan tetapi, untuk mewujudkannya diperlukan sistem pemerintahan yang harus saling mendukung satu sama lainnya.

"Maka bila anggaran negara bisa dioptimalkan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya," demikian Ganjar.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Capres PDIP Ganjar Ganjar Pranowo Berantas Kemiskinan Pendidikan Gratis Satu Kelu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :