Jum'at, 10/05/2024 00:53 WIB

Wajib Tahu, Kandungan Nutrisi Ikan Lele Bermanfaat untuk MPASI Anam

Ikan lele merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik sebagai menu MPASI bayi. 

Manfaat kandungan ikan lele ( Foto : The asianparent )

Jakarta, Jurnas.com - Lele merupakan jenis ikan air tawar yang mudah ditemukan di pasaran dan banyak memiliki kandungan manfaat dari ikan lele.

Sehingga, banyak orang tua yang menjadikannya sebagai menu MPASI (makanan pendamping air susu ibu) untuk bayi. Apalagi, ikan lele juga diketahui sebagai sumber protein yang bergizi. 

Berikut ini manfaat lele sebagai menu MPASI :

Sumber asam lemak omega

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat potensial dalam menjaga kesehatan jantung sekaligus membantu fungsi otak yang baik. Manfaat tersebut tentunya juga diperlukan untuk bayi, demi perkembang jantung dan fungsi otaknya. Omega-3 dalam ikan lele juga mudah diserap oleh sistem tubuh.

Sedikit mengandung merkuri

Menurut penelitian Food and Drugs Administration (FDA), ikan lele hanya mengandung 0,024 PPM. Rata-rata kandungan merkuri pada Ikan lele bahkan lebih sedikit, dibandingkan pilihan ikan populer rendah merkuri seperti ikan makarel.

Sumber protein

Ikan lele juga terdapat kandungan protein yang sangat penting dan diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Terlebih protein merupakan senyawa yang bertanggung jawab untuk produksi enzim dan hormon yang memengaruhi setiap fungsi tubuh. 

Menjaga kesehatan otak

Karena memiliki vitamin B12 yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan otak, dan sintesis DNA. Terlebih, bayi merupakan kelompok yang rentan terhadap defisiensi B12. Maka dari itu, ikan lele direkomendasikan sebagai menu MPASI bayi untuk membantu menyeimbangan kekurangan nutrisi lainnya.

KEYWORD :

Ikan lele nutrisi MPASI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :