Senin, 20/05/2024 20:29 WIB

Komisi III DPR Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Hakim Konstitusi

Kami akan memilih satu putra terbaik bangsa sebagai hakim MK menggantikan Pak Wahiduddin Adams.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Gerindra, Habiburokhman. (Foto: Dok. Pikiran Rakyat)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi III DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon hakim konstitusi. Sebanyak tujuh nama akan mengikuti agenda yang mulai digelar hari ini hingga besok tersebut.

Uji kelayakan dan kepatutan tersebut dimulai sejak pukul 10.20 WIB. Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman memimpin rapat pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu.

"Kami akan memilih satu putra terbaik bangsa sebagai hakim MK menggantikan Pak Wahiduddin Adams," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (25/9).

Sebanyak 5 calon hakim konstitusi dijadwalkan diuji hari ini. Sementara, 2 lainnya dijadwalkan besok pafa pukul 14.00 WIB.

Habiburokhman memastikan proses uji kelayakan calon hakim MK transparan. Dia menyebut publik bisa menyampaikan langsung masukan-masukan secara tertulis.

"Proses akan berlangsung terbuka dan transparan. Kami persilakan masyarakat untuk menyaksikan acara tersebut secara langsung dan sekaligus bisa juga menyampaikan masukan secara tertulis," ujar dia.

Pada hari terakhir, Komisi III DPR akan mengambil keputusan pemilihan dan penetapan calon hakim konstitusi dari unsur DPR RI ini. Komisi III DPR akan mencari satu nama untuk menggantikan Wahiduddin Adams.

Berikut ini nama-nama calon hakim MK yang akan diuji DPR;

1. Reny Halida Ilham Malik

2. Firdaus Dewilmar

3. Elita Rahmi

4. Aidul Fitriciada Azhari

5. Putu Gede Arya

6. Abdul Latif

7. Haridi Hasan

8. Arsul Sani.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi III Habiburokhman hakim konstitusi fit and proper test uji kelayakan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :