Jum'at, 10/05/2024 12:55 WIB

Coba Melintasi Perbatasan Secara Ilegal, Mantan Komanan Wagner Ditangkap

Coba Melintasi Perbatasan Secara Ilegal, Mantan Komanan Wagner Ditangkap

Mantan komandan Wagner Andrei Medvedev berfoto di pengadilan di Oslo, Norwegia 25 April 2023. Foto: Reuters

OSLO - Polisi Norwegia menangkap seorang mantan komandan kelompok tentara bayaran Wagner karena dicurigai mencoba melintasi perbatasan secara ilegal kembali ke Rusia setelah mencari suaka di Norwegia awal tahun ini, kata pengacara pria tersebut pada Sabtu.

Andrei Medvedev, yang melarikan diri dari Rusia pada bulan Januari melalui perbatasan Arktik dengan Norwegia, menggambarkan dirinya berlari ketika penjaga Rusia melepaskan tembakan ke arahnya. Dia telah berbicara tentang pengalamannya bertempur di Ukraina sebagai bagian dari kelompok Wagner.

Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam bahwa seorang pria berusia 20-an telah ditahan karena mencoba melintasi perbatasan Rusia secara ilegal, namun tidak menyebutkan namanya. Seorang petugas polisi setempat Finnmark menolak memberikan identitas pria yang ditangkap tersebut.

Melintasi perbatasan ke Rusia hanya diperbolehkan di titik-titik yang telah ditentukan.

Namun penangkapan Medvedev disebabkan oleh kesalahpahaman, kata pengacaranya yang berasal dari Norwegia, Brynjulf Risnes, kepada Reuters.

“Dia berada di sana untuk melihat apakah dia bisa menemukan tempat di mana dia menyeberang (ke Norwegia pada bulan Januari). Dia dihentikan ketika dia berada di dalam taksi. Dia tidak pernah berada di dekat perbatasan… Dia tidak pernah berniat untuk menyeberangi perbatasan. perbatasan (ke Rusia)," kata Risnes.

Pada saat kedatangannya di Norwegia, Medvedev mengatakan dia mencari suaka karena dia takut akan nyawanya setelah menyaksikan pembunuhan dan penganiayaan terhadap tahanan Rusia yang dibawa ke garis depan di Ukraina.

Pelariannya pada bulan Januari menjadi berita utama di seluruh dunia sebagai contoh langka ketika seseorang membelot ke negara Barat sambil mengaku telah berjuang untuk Rusia sebagai tentara bayaran dalam perang Ukraina.

Namun pada bulan Mei, dia mengatakan dalam sebuah video yang diposting di YouTube bahwa dia ingin kembali ke Rusia meskipun dia yakin hal ini dapat membahayakan nyawanya, dan menggambarkan dirinya sebagai “semacam anak laki-laki dalam pertandingan besar” yang tidak lagi dia inginkan. menjadi bagian dari.

Risnes mengatakan Medvedev mempunyai hak untuk kembali ke Rusia jika dia menginginkannya, namun "banyak perubahan perlu dilakukan" agar dapat kembali dengan selamat.

Pada bulan April, Medvedev dihukum di Norwegia karena terlibat dalam perkelahian di bar dan membawa senapan angin tetapi dibebaskan karena melakukan kekerasan terhadap polisi. Dia kemudian berkata bahwa dia menatap masa depan dan mengharapkan suaka.

Pendiri Wagner Yevgeny Prigozhin terbunuh pada 23 Agustus ketika sebuah jet pribadi yang ia gunakan jatuh dalam keadaan yang tidak dapat dijelaskan, hanya dua bulan setelah ia mengirim tentara bayarannya untuk maju ke Moskow dalam tantangan langsung terhadap pendirian Rusia.

KEYWORD :

Tentara Bayaran Wagner Norwegia Ditangkap




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :