Senin, 20/05/2024 20:37 WIB

Norwegia Dilaporkan Sumbangkan Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Jika dikonfirmasi, Norwegia akan menjadi negara ketiga setelah Belanda dan Denmark yang mengumumkan sumbangan jet F-16 ke Ukraina.

Jet tempur F-16 (Al Arabiya/Berkas Foto)

JAKARTA, Jurnas.com - Norwegia telah memutuskan untuk menyumbangkan pesawat tempur F-16 ke Ukraina. Demikian dilaporkan stasiun televisi Norwegia TV2 pada Kamis (24/8), yang mengutip sejumlah sumber yang tidak disebutkan namanya.

Namun tidak disebutkan berapa banyak jet yang akan disediakan Norwegia. Kementerian Luar Negeri Norwegia tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Jika dikonfirmasi, Norwegia akan menjadi negara ketiga setelah Belanda dan Denmark yang mengumumkan sumbangan jet F-16 ke Ukraina.

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Stoere bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy di Ukraina di Kyiv dan mengumumkan sumbangan rudal anti-pesawat dan peralatan lainnya. Akan tetapi, dia tidak menyinggung soal sumbangan pesawat pesawat tempur F-16.

Seperti diketahui bahwa Amerika Serikat (AS) telah menyetujui pengiriman jet tempur F-16 ke Ukraina dari Denmark dan Belanda. Dengan begitu, kedua negara ini dapat memasok pesawat tempur itu ke Kiev setelah pelatihan pilot Ukraina oleh Barat rampung.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Pesawat Tempur F-16 Perang Rusia Ukraina Norwegia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :