Rabu, 15/05/2024 10:48 WIB

10 Daftar Warisan Dunia oleh UNESCO, Salah satunya yang Terbaru, Apa Itu?

Kini warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO menambah daftar baru yakni sumbu filosofi Yogyakarta

UNESCO menetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta jadi warisan dunia ( Foto : JPNN )

JAKARTA, Jurnas.com - World Heritage Committee (WHC) atau Komite Warisan Dunia baru saja menetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Penetapan dilakukan pada Sidang ke-45 WHC di Riyadh, Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Mengutip laman UNESCO, Sumbu Filosofi Axis Yogyakarta telah sah diterima sepenuhnya tanpa sanggahan menjadi Warisan Budaya Dunia UNESCO. Penetapan ini sesuai dokumen WHC 2345.COM 8B. 39.

"Selamat untuk Indonesia atas lolosnya Sumbu Filosofi menjadi Warisan Budaya Dunia," kata Chairperson World Heritage Committee Abdulelah Al-Tokhais melalui keterangan tertulis, Senin (18/9/2023).

Diakuinya Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai warisan dunia akan berdampak terhadap sektor pariwisata di Yogyakarta. Dan tentu ini menambah daftar baru sebagai warisan dunia.

Untuk diketahui, Sumbu Filosofi Yogyakarta bukan satu-satunya produk budaya Indonesia yang diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Lantas apa saja produk budaya Indonesia yang menjadi warisan dunia. Lantas apa saja warisan dunia yang ditetapkannya ?.

Warisan Budaya Dunia UNESCO di Indonesia

UNESCO atau The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization sendiri merupakan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Menurut World Heritage List atau Daftar Warisan Dunia, ada 10 situs budaya Indonesia yang ditetapkan dan masuk dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO. Berikut daftarnya:

1. Kompleks Candi Borobudur

2. Taman Nasional Komodo

3. Kompleks Candi Prambanan

4. Taman Nasional Ujung Kulon

5. Situs Manusia Purba Sangiran

6. Taman Nasional Lorentz

7. Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera

8. Lanskap Budaya Provinsi Bali: Sistem Subak sebagai Manifestasi Filosofi Tri Hita Karana

9. Ombilin Coal Mining Warisan Sawahlunto

10. Poros Kosmologis Yogyakarta dan Landmark Bersejarahnya.

Mengenai  Sumbu Filosofi Yogyakarta

Sumbu Filosofi Yogyakarta Jadi Warisan Dunia, menurut laman resmi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sumbu Filosofi Yogyakarta diakui sebagai warisan dunia l. Dan merupakan sebuah konsep tata ruang dengan berlandaskan konsepsi Jawa yang dibuat oleh Sultan Hamengku Buwono I.

KEYWORD :

UNESCO Yogyakarta Warisan Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :