Jum'at, 10/05/2024 18:27 WIB

Tips Awet Muda dengan Bahan Alami

Ingin awet muda, ternyata kemangi dan cengkeh merupakan bahan alami yang bisa mencegah penuaan lho

Tips awet muda ( Foto : Merdeka.com )

JAKARTA, Jurnas.com - Setiap orang utamanya bagi kaum hawa pastinya ingin tetap awet muda dan bebas dari tanda-tanda penuaan, seperti munculnya garis halus, bintik hitam, hingga kerutan.Untuk mencapai hal itu, kita perlu menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menjaga pola makan hingga rutin berolahraga.

Serta, kita juga perlu menunjang kesehatan dan peremajaan kulit dengan produk skin care diantaranya sunscreen, serum, hingga pelembap.

Namun, kaena produk skin care tidak semua orang mampu membelinya, Anda dapat mencegah penuaan dengan beberapa bahan alami yang diklaim dapat membuat kita awet muda.

Berikut beberapa cara agar awet muda dengan bahan-bahan alami:
Konsumsi kemangi.

  1. Konsumsi kemangi 
    Kulit yang rusak dan mengalami penipisan kolagen akibat paparan sinar UV yang berlebihan, sehingga terlihat kaku, tidak kenyal, dan kering. Salah satu cara alami untuk mengatasi ini yaitu dengan mengaplikasikan kemangi secara topikal.
  1. Manfaatkan kayu manis
    Kayu manis selain digunakan sebagai metode pengobatan alternatif. Kayu manis juga memiliki manfaat anti-penuaan karena berfungsi mencegah kerusakan kolagen dan mencegah hilangnya elastisitas kulit. Caranya, Anda bisa mencampur bubuk kayu manis dengan madu dan menggunakannya sebagai masker.
  1. Manfaatkan cengkeh
    Menurut penelitian yang menunjukkan, cengkeh memiliki sifat anti-radikal bebas dan mengandung antioksidan yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Caranya adalah menggunakannya sebagai minyak cengkeh.
  1. Konsumsi jahe
    Ini karena Jahe kaya antioksidan serta memiliki sifat anti-inflamasi untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Antioksidan yang terkandung sangat bermanfaat dalam mencegah stres oksidatif yang berbahaya bagi kulit.

    Caranya, Anda bisa memanfaatkan parutan jahe kemudian dicampur dengan minyak zaitun dan gula merah. Lalu, gosok wajah Anda dengan campuran 3 bahan alami tersebut.
  1. Gunakan rosemary
    Cara menggunakan rosemary agar tetap awet muda yaitu merebus batang dan daunnya lalu dicampur dengan cuka sair apel. Air rebusan tersebut lantas disemprotkan ke wajah sebagai toner.

Sebelum mencoba bahan-bahan tersebut untuk meningkatkan kesehatan kulit, Anda mungkin perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit. 

KEYWORD :

Awet muda kemangi minyak cengkeh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :