Jum'at, 10/05/2024 14:56 WIB

Media China Sebut Amerika Ketakutan Hingga Larang Pegawai Pakai iPhone

Global Times menyoroti melihat larangan sebagai pembalasan China atas AS karena Huawei.

Smartphone ( Foto : Detik )

Jakarta, Jurnas.com - Akhir akhir ini muncul kabar pegawai negeri di China dilarang menggunakan iPhone. Dari laporan tersebut disindir habis-habisan oleh salah satu media China yakni Global Times.

Global Times menyoroti ketakutan pemerintah Amerika Serikat (AS) soal larangan itu. Didalam artikel sebut melihat larangan sebagai pembalasan China atas AS karena Huawei.

Huawei diketahui mendapatkan sanksi dari AS sejak 2019 silam. Sanksi itu berdampak besar pada perusahaan dan menghancurkan bisnis smartphone Huawei.

Global Times juga menegaskan bahwa tidak ada aturan larangan tersebut. Terutama informasi detail untuk merinci keberadaan larangan pengguna iPhone di China.

"Dan dibandingkan dengan situasi yang dihadapi Apple di China, Huawei jauh dari mendapatkan perlakuan adil di AS," kata Global Times dikutip Selasa (19/9/2023).

Kemudian, media tersebut mengaku tidak tahu alasan pemerintah dan media AS bersemangat menyebarkan rumor larangan sebagai pembalasan China. Mereka bisa saja disinyalir untuk menghubungi pemerintah China untuk bertanya soal kabar tersebut.

Akan tetapi, nampaknya alasan perilaku pemerintah dan media AS karena perlakuan mereka pada banyak perusahaan China.

Menurutnya, AS melakukan banyak hal tidak masuk hal vahkan sanksi sepihak pada perusahaan China yang akhirnya membuat mereka takut ada pembalasan dari negara tersebut.

Global Times juga menyebutkan, tidak menutup kemungkinan masyarakat global berpikir lebih lanjut membeli iPhone. Ini terkait mengetahui keamanan ponsel karena serangkaian insiden di masa lalu.

Pasalnya, keamanan jadi salah satu nilai penting yang harus dilakukan Apple. Karena itu menjadi syarat mereka untuk berada di China.

"Namun satu hal yang pasti, selama Apple mematuhi undang-undang dan aturan China serta beroperasi berdasarkan aturan tatanan internasional, melindungi data konsumen dalam ponsel mereka memastikan keamanan informasi, Apple tidak akan menghadapi hambatan kebijakan apapun di China," ungkap laman tersebut.

KEYWORD :

Global times Huawei iPhone




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :