Minggu, 12/05/2024 14:50 WIB

Mengenal Lebih Jauh Lupus, Penyakit yang Diidap Selena Gomez

Lupus saat ini berfokus pada beberapa faktor, yakni untuk mengobati gejalanya

Ilustrasi autoimun ( Foto : Kemkes.go.id )

Jakarta, Jurnas.com - Lupus merupakan penyakit autoimun kronis yang menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Sangat disayangkan, saat ini, belum ada obat pasti untuk mengatasi lupus. Kendati demikian, pengobatan untuk lupus berfokus meredakan gejala dan mengurangi peradangan.

Salah satu Selebriti dunia yang berjuang melawan Lupus adalah Selena Gomez. Perjuangan melawan lupus memaksanya untuk mejalani kemoterapi. Sebagai odapus, Selena juga mengungkapkan bahwa dirinya telah merampungkan proses transplantasi ginjal. Sahabatnya, Raisa diketahui jadi donor ginjal.

Dilansir dari Healthline, bahwa pengobatan lupus saat ini berfokus pada beberapa faktor, yakni untuk mengobati gejala lupus, mencegah munculnya lupus, dan mengurangi jumlah kerusakan yang terjadi pada sendi dan organ.

Sedangkan dalam data yang dirilis oleh World Lupus Federation (WLF), tujuh dari sepuluh peserta menjawab bahwa lupus menghambat aktivitas sehari-hari.

Lupus sendiri dikategorikan menjadi empat jenis, yakni lupus eritematosus sistemik, lupus kulit, lupus neonatus, dan lupus akibat obat. Simak penjelasannya.

1. Lupus Eritematosus Sistemik
Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah jenis lupus paling umum. SLE biasanya memengaruhi beberapa sistem organ tubuh, yakni ginjal, kulit, sendi, jantung, sistem saraf, dan paru-paru.

2. Lupus Kulis
Jenis lupus ini terjadi pada kulit yang dapat mengakibatkan ruam dan lesi permanen dengan jaringan parut. Terdapat sejumlah jenis lupus kulit, yakni lupus kulit akut yang menyebabkan munculnya ruam merah di pipi dan hidung, lupus kulit subakut berupa ruam merah, terangkat, dan bersisik pada tubuh, dan lupus kulit kronis yang menyebabkan ruam ungu bahkan merah.

3. Lupus Neonatus
Lupus neonatus adalah kondisi yang sangat langka dan biasanya menyerang bayi yang orang tua kandungnya memiliki antibodi autoimun tertentu. Antibodi autoimun ini umumnya ditularkan dari orang tua ke janin melalui plasenta.

Gejala yang ditimbulkan lupus neonatus diantaramya seperti ruam kulit, jumlah sel darah rendah, dan masalah hati setelah lahir.

4. Lupus Akibat Obat
Penggunaan obat resep tertentu juga dapat menyebabkan lupus yang diinduksi obat (DIL). Riset menunjukkan bahwa DIL dapat berkembang melalui penggunaan obat resep tertentu dalam jangka panjang.

Berikut gejala umum yang ditimbulkan akibat lupus menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

1. Demam tinggi
2. Kelelahan
3. Pegal-pegal
4. Nyeri sendi
5. Ruam, termasuk ruam kupu-kupu di wajah
6. Lesi kulit
7. Sesak napas
8. Sindrom Sjogren yang meliputi mata kering kronis dan mulut kering
9. Perikarditis dan pleuritis yang menyebabkan nyeri dada
10. Sakit kepala
11. Kebingungan
12. Hilang ingatan
13. Sendi bengkak
14. Rambut rontok
15. Masalah paru-paru, ginjal, atau saluran pencernaan

Selain itu, gejala lupus dapat bergantung pada bagian tubuh yang terkena. Peradangan yang terlihat pada lupus dapat memengaruhi berbagai organ dan jaringan di tubuh, termasuk sendi, kulit, jantung, darah, paru-paru, otak, dan ginjal.

KEYWORD :

Lupus Sebab Cara Atasi Selana Gomez




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :