Senin, 29/04/2024 09:43 WIB

Internasional

Peraih Oscar asal Iran Kecam Trump

Sikap protes Farhadi diwakili insinyur dan astronot AS kelahiran Iran, Anousheh Ansari, untuk membacakan pernyataannya.

Pemenang Oscar asal Iran Asghar Farhadi

Jakarta - Penyelenggaraan Oscar tahun ini, terasa tidak menarik bahkan menjadi ajang kecaman kalangan yang ditujukan kepada kebijakan pembatasan imigran dari tujuh negara muslim masuk ke Amerika Serikat yang diberlakukan pemerintahan Presiden Donald Trump.

Salah satunya Asghar Farhadi. Sutradara Iran yang negaranya dilarang masuk negeri Paman Sam ini mengecam dan menudingnya `tidak manusiawi`. Film arahannya berjudul The Salesmen yang meraih Piala Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik ini, menganggap Donald Trump memecah dunia.

Sebagai bentuk protesnya, dia memutuskan tidak hadir.  "Memecah dunia menjadi Amerika Serikat dan kategori `musuh kami` menciptakan ketakutan," seperti pernyataannya yang dibacakan saat pemberian penghargaan film asing terbaik.

Perintah eksekutif Presiden Trump melarang warga dari tujuh negara, adalah Iran, Irak, Libia, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman- masuk ke Amerika Serikat. Walau pengadilan menolaknya, Presiden Trump sedang menyiapkan perintah eksekutif yang baru.

Sikap protes Farhadi diwakili insinyur dan astronot AS kelahiran Iran, Anousheh Ansari, untuk membacakan pernyataannya. "Ketidakhadiran saya untuk menghormati rakyat negara kami dan rakyat enam negara lainnya yang tidak dihargai oleh undang-undang yang tidak manusiawi, yang melarang pendatang ke Amerika Serikat."

KEYWORD :

Oscar Asghar Farhadi Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :