Jum'at, 10/05/2024 03:36 WIB

Cara Ampuh Olah Bawang Putih untuk Diabetes

Bawang putih yang dikonsumsi rutin bisa menurunkan diabetes

Bawang putih (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Bawang putih dengan nama latin Allium Sativum ini memiliki banyak khasiat. Termasuk sangat efektif menurunkan kolesterol dan mengelola gula darah.

Selain itu, bawang putih yang dikonsumsi secara rutin juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan kadar trigliserida. Namun bawang putih mentah mungkin tidak cocok bagi sebagian orang.

Berikut ini beberapa cara untuk mengonsumsi bawang putih agar mendapatkan manfaat yang maksimal:

1. Makan bawang mentah saat perut kosong 

Konsumsi bawang putih mentah saat perut kosong bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, ada andungan allicin dalam bawang putih mentah yang memiliki sifat penurun kolesterol dan pengencer darah.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda cukup makan beberapa siung bawang putih mentah dengan segelas air di pagi hari. Selain itu, dengan makan bawang putih metah dengan segelas air menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengelola diabetes.

2. Teh bawang putih 

Teh bawang putih adalah pilihan yang sangat baik untuk Anda yang lebih menyukai rasa yang lebih ringan sambil tetap menikmati manfaat bawang putih. 

Cara membuatnya, yaitu cukup hancurkan satu siung bawang putih lalu rebus dengan secangkir air selama beberapa menit. Anda bisa tambahkan satu sampai dua sendok teh kayu manis, biarkan campuran meresap selama beberapa menit sebelum mematikan api.

Atau bisa menambahkan satu setengah sendok teh air lemon untuk menambah rasa. Kemudian, baiknya Anda minum teh bawang putih ini di pagi hari.

3. Bawang putih dan madu 

Cara lainnya, Anda bisa mengonsumsi satu siung bawang putih yang sudah dipotong-potong dan tambahkan beberapa tetes madu di atasnya.  Anda biarkan madu meresep ke dalam bawang putih selama beberapa menit. Kemudian, Anda kunyah bawang putih tersebut.

4. Bawang putih panggang 

Memanggang bawang putih bisa menghasilkan rasa yang lembut bahkan sedikit manis, tentu tetap menjaga manfaat kesehatannya. Caranya, Anda bisa memanggang bawang putih di dalam oven selama 30-35 menit. Setelah dingin, haluskan bawang putih dan oleskan ke atas roti.

5. Gunakan sebagai bumbu masak 

Cara lainnya untuk mendapatkan manfaat bawang putih adalah dengan menjadikannya bumbu masak. Caranya adalah bisa mencampurkan bawang putih yang dicincang halus ke dalam tumisan atau menu makanan lainnya.

KEYWORD :

Bawang putih Khasiat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :