Senin, 20/05/2024 13:14 WIB

Modi Tegur Trudeau soal Protes Kelompok Sikh di Kanada

Modi Tegur Trudeau soal Protes Kelompok Sikh di Kanada

Perdana Menteri India, Narendra Modi, dan PM Kanada (Foto: Reuters)

Toronto, Jurnas.com - Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi menegur PM Kanada, Justin Trudeau atas protes kelompok Sikh di Kanada. Hal itu disampaikan secara resmi oleh pemerintah usai KTT G20 di New Delhi.

Aksi protes kelompok Sikh di Kanada menjadi perhatian India. Pada Juni lalu, New Delhi mengkritik Kanada karena mengizinkan parade kendaraan yang menggambarkan pembunuhan mantan PM India, Indira Gandhi pada 1984.

"Mereka mempromosikan pemisahan diri dan menghasut kekerasan terhadap diplomat India, merusak tempat diplomatik dan mengancam komunitas India di Kanada dan tempat ibadah mereka," demikian pernyataan India, dikutip dari Reuters pada Senin (11/9).

Hubungan India dan Kanada masih tegang. Ottawa bulan ini menghentikan pembicaraan mengenai usulan perjanjian perdagangan dengan India, hanya tiga bulan setelah kedua negara mengatakan mereka bermaksud untuk mencapai perjanjian awal tahun ini.

Modi, yang mengadakan pertemuan bilateral dengan banyak pemimpin dunia selama KTT G20, memilih tidak mengadakan pertemuan dengan Trudeau.

Indira Gandhi dibunuh pada tahun 1984 oleh dua pengawal Sikh setelah dia mengizinkan penyerbuan kuil paling suci Sikh di India utara, yang bertujuan untuk mengusir separatis Sikh yang menuntut kemerdekaan yang dikenal Khalistan.

Sementara itu, Kanada memiliki populasi penganut Sikh tertinggi di luar negara bagian asal mereka, Punjab, dan negara tersebut telah menjadi tempat terjadinya banyak protes yang membuat India kesal.

"Kanada akan selalu membela kebebasan berekspresi, kebebasan hati nurani, dan protes damai," kata Trudeau pada konferensi pers di New Delhi.

KEYWORD :

Narendra Modi Justin Trudeau India Kanada Kelompok Sikh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :